visitaaponce.com

Bappedalitbang Klaten Gelar Lomba Krenova Pelajar dan Masyarakat Umum 2024

Bappedalitbang Klaten Gelar Lomba Krenova Pelajar dan Masyarakat Umum 2024
Bappedalitbang Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kembali menggelar lomba kreativitas dan inovasi (krenova) 2024, 5-6 Maret.(MI/Djoko)

BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kembali menggelar lomba kreativitas dan inovasi (krenova) 2024.

Kegiatan lomba krenova bagi pelajar dan masyarakat umum tahun ini dilaksanakan pada 5-6 Maret 2024 di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Klaten.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Sri Nuryani, menjelaskan lomba krenova kategori pelajar SMP diikuti 40 orang, pelajar SMA/SMK 40 orang, dan peserta masyarakat umum 21 orang.

Baca juga : Bappeda Klaten Dorong Budaya Kreatif dan Inovatif

Bidang yang dilombakan agribisnis/pangan, pendidikan, kerajinan/industri rumah tangga, rekayasa teknologi/manufaktur, kehutanan/lingkungan hidup, kesehatan obat-obatan/kosmetika, teknologi informasi/komunikasi, dan energi.

"Presentasi peserta lomba masing-masing kategori dinilai dewan juri. Kriteria penilaian meliputi orisinalitas/kepioniran, penerapan di masyarakat, manfaat, keberlangsungan, dan penguasaan materi," kata Sri Nuryani.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Klaten, Pandu Wirabangsa, dalam sambutannya pada pembukaan lomba krenova 2024 di Kantor Diskominfo, Selasa (5/3), menyampaikan syukur kegiatan lomba krenova bisa terus diselenggarakan sejak 2007.

Baca juga : Kasus DBD di Klaten Meningkat, Enam Orang Meninggal

Sebagai ajang kompetisi yang membumikan sebuah kultur inovasi, lomba krenova dengan peserta yang cukup membanggakan itu bukti bahwa kegiatan lomba itu mendapat respon baik dari masyarakat.

"Kita tahu, bahwa inovasi bisa mengubah banyak hal. Karena itu, kami mohon dukungan semua pihak tak terkecuali peserta dari kategori pelajar SMP, SMA/SMK, dan masyarakat umum," imbuhnya.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Klaten berharap inovasi yang muncul di lomba krenova bisa dikembangkan, serta disebarluaskan ke berbagai pihak agar temuan baru itu tidak terhenti.

Dalam kesempatan tersebut, Rony Roekmito selaku dewan juri berharap inovasi atau temuan baru di lomba krenova tahun ini meningkat dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami sebagai dewan juri akan memberikan penilaian hasil temuan peserta lomba krenova pelajar dan masyarakat umum dengan jujur dan objektif," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat