visitaaponce.com

Kepercayaan Publik Lampaui KPK, Kejagung kian Semangat

Kepercayaan Publik Lampaui KPK, Kejagung kian Semangat
Gedung Kejaksaan Agung RI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan(MI/RAMDANI)

INDIKATOR Politik Indonesia merilis survei tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum pada periode Februari-Maret 2023.

Berdasarkan hasil survei, Kejaksaan Agung (Kejagung) berada pada posisi pertama lembaga penegak hukum yang dipercaya publik.

Kejagung berada di posisi pertama dengan presentase 72,6%. Angka kepuasan itu lebih tinggi dari pengadilan hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengadilan di urutan kedua dengan persentase reponden percaya 68,5%  dan KPK menduduki urutan ketiga dengan 65,1%.

Tidak hanya itu, dalam kategori kepercayaan terhadap lembaga untuk pemberantasan korupsi, Kejagung juga menempati posisi pertama dengan persentase 68,8%.

"Hasil survei ini menunjukkan bahwa Kejagung masih menjadi lembaga yang cukup dipercaya oleh masyarakat dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi," ungkap Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana, Senin (27/3/2023).

Sementara itu, dalam kategori kepercayaan terhadap lembaga, Kejagung berada di posisi ketiga di bawah TNI dan Presiden. Kejagung meraih persentase 68,3%.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap Kejagung," ujar Ketut.

"Hasil survei ini tidak akan membuat kami puas, justru jadi semangat untuk terus meningkatkan kinerja demi masyarakat," pungkas Ketut.

Adapun survei terkait tingkat kepercayaan terhadap lembaga dilakukan pada 9-16 Februari 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Survei memakai metode pengambilan sampel acak sederhana, melibatkan 1.200 responden, dan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar plus minus 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih, disebutkan telah diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang terlatih. (P-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat