visitaaponce.com

Sikap Kalem Surya Paloh Bukti Kematangan Berpolitik

Sikap Kalem Surya Paloh Bukti Kematangan Berpolitik
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh(MI / ADAM DWI)

SIKAP kalem yang ditunjukkan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dinilai menunjukkan kematangannya dalam berpolitik. Khususnya, saat Surya Paloh merespons santai tidak diundangnya dirinya ke pertemuan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Respons Surya Paloh tersebut menunjukkan kematangan dalam berpolitik," kata peneliti dari Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro saat dihubungi, Sabtu (6/5).

Bawono mengatakan Surya Paloh telah lama berkecimpung di dunia politik. Ia juga sempat berlabuh menjadi politikus Golkar dan berjasa membesarkan partai tersebut.

Baca juga: NasDem Sebut Ada Hambatan Psikologis Surya Paloh dengan Jokowi

"Jadi wajar saja rekam jejak panjang dalam dunia politik tersebut telah menempa mental berpolitik Surya Paloh," ucap Bawono.

Sikap Surya Paloh itu juga dinilai bentuk rasa percaya diri yang tinggi. Hal itu juga tercermin saat Partai NasDem memilih mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

"Selain itu, sikap kalem Surya Paloh itu juga menujukkan rasa pede terhadap pilihan politik dia telah tempuh. Yaitu, mencalonkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden dalam pemilihan presiden mendatang," ucap Bawono.

Baca juga: Surya Paloh: Rakyat Pilih Figur Capres, Bukan Parpol di Koalisi Besar

Sebelumnya, Surya Paloh memahami tidak diundang dalam pertemuan para ketum parpol koalisi dengan Presiden Jokowi. Surya Paloh menilai NasDem dianggap sudah tidak sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi.

"Saya bisa pahami itu pasti Pak Jokowi menempatkan positioning beliau barang kali sebagai pemimpin koalisi partai-partai pemerintahan ya dan beliau tidak menganggap lagi NasDem ini di dalam koalisi pemerintahan, untuk sementara," kata Surya Paloh di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (5/5).

Kendati demikian, Surya Paloh menekankan berkomitmen mendukung pemerintahan Presiden Jokowi sampai akhir jabatan. Ia sangat menghormati Jokowi sebagai Kepala Negara.

"Tetap berkomitmen dukung," tegas Surya Paloh. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat