visitaaponce.com

Mensos Risma Mutasi Pegawai yang Diduga Terlibat Korupsi Bansos Beras, Cari Aman

Mensos Risma Mutasi Pegawai yang Diduga Terlibat Korupsi Bansos Beras, Cari Aman?
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) menjawab pertanyaan wartawan.(Antara)

MENTERI Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, telah memutasi staf Direktor Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Ditjen Linjamsos) ke luar daerah. Pasalnya staf tersebut diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial (bansos) beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) 2020.

"Saya butuh aman kan, itu bagi saya (memutasi) mengamankan saya gitu kan, saya gatau setelah mungkin itu dia insaf apa, tapi yang jelas bagi saya, saya butuh aman," ujar Risma dalam konferensi pers, Rabu, (24/5).

Namun, Risma tidak menjelaskan secara pasti jumlah pegawai yang dipindahkan ke luar Jakarta. Ia juga tak membeberkan daerah yang menjadi lokasi pemindahan pegawainya itu. 

Baca juga: Mensos Sebut Pemeriksaan KPK Terkait Dugaan Korupsi Bansos Beras 2020

Selain itu, Risma menjelaskan alasanya tidak memberikan sanksi berupa pembebasan tugas kepada pegawai yang diduga melakukan rasuah. Sebab, belum ada putusan hukuman yang inkrah atau tetap. 

"Saya kalau melakuakan itu (pembebasan tugas), karena saya bisa digugat ya kan Jadi mereka berhak gugat saya kalau itu tidak betul (dugaan korupsinya). Makanya itu ya sudah yang penting tidak megang yang (jabatan) stragis," jelasnya.

Lebih lanjut, Risma menjelaskan sanksi tegas itu diberikan ketika ia curiga dengan internalnya. Pasalnya, staf Ditjen Linjamsos itu tidak berwenang ikut campur dalam program penyaluran bansos beras untuk KPM PKH 2020.

Baca juga: Mensos Risma Bersyukur Kantornya Digeledah KPK

"Aku ingat (Direktorat Jenderal Pemerdayaan Sosial) Dayasos. Tapi kok kenapa ada orang Linjamsos kena? Saya bingung saya bingung administrasinya. Karena itu sebetulnya sudah nggak boleh," tuturnya.

Sebelumnya, Gedung Kemensos digeledah KPK pada Selasa, 23 Mei 2023. Staf Khusus Menteri Sosial Bidang Komunikasi Media Massa Don Rozano Sigit menjelaskan penggeledahan KPK itu terkait pekerjaan penyaluran bansos beras untuk KPM PKH 2020.

KPK Geledah Kantor Kemensos

Sementara itu, Risma membenarkan penyidik KPK telah menemuinya serta menjelaskan maksud dan tujuannya untuk melakukan penggeledahan pada Ditjen Dayasos. Direktorat itu diduga terkait dengan kasus tersebut.

"Kami menyambut dengan baik dan kami korporatif memenuhi permintaan-permintaan yang dilakukan oleh tim penyidik dari KPK," ujar Don ditemui di Jakarta, Selasa malam, 23 Mei 2023.

Penggeledahan ruang Sekretaris Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial dilakukan mulai pukul 10.00-18.00 WIB. Kedatangan penyidik KPK di lobi Kemensos bertepatan dengan waktu rapat dan briefing harian Mensos bersama jajarannya.

Kasus dugaan korupsi bansos beras untuk KPM PKH tahun 2020-2021 di Kemensos RI telah dilakukan penyidikan oleh KPK. Hasilnya, KPK menetapkan sejumlah tersangka, salah satunya mantan Direktur Utama BUMN Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistik Kuncoro Wibowo.

(Bob)


 


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat