visitaaponce.com

Ganjar Pranowo Safari Politik di Masjid, Bawaslu cuma Bisa Kasih Sanksi Moral

Ganjar Pranowo Safari Politik di Masjid, Bawaslu cuma Bisa Kasih Sanksi Moral
Bacapres Ganjar Pranowo.(Antara)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kesulitan menindak aktivitas politik bakal calon presiden atau bacapres saat ini, termasuk safari yang dilakukan bacapres usungan PDIP Ganjar Pranowo di Masjid Agung Banten belum lama ini.

Anggota Bawaslu RI Totok Hariyono mengatakan masa kampanye untuk Pemilu 2024 belum dimulai sampai saat ini.

"Belum ada unsur dugaan pelanggarannya. Cuma karena unsur pelanggarannya belum ada, maka kita masuk di ruang etika. Artinya, sanksinya, ya, sanksi moral," terang Totok di Jakarta, Rabu (31/5).

Baca juga : Gerindra Tidak Tahu Siapa Pemasang Baliho Prabowo-Jokowi 'Menang Bersama'

Meski belum mendapat laporan pelanggaran, Totok mengatakan pihaknya hanya mampu menyampaikan imbauan agar bacapres tidak menggunakan tempat ibadah untuk kegiatan politik. Hal yang sama juga berlaku pada kegiatan politik di tempat pendidikan maupun fasilitas pemerintah.

"Karena itu kita (Bawaslu) bermain di ruang etika, walaupun soal etika bukan kewenangan Bawaslu karena aturannya enggak ada," jelasnya.

Totok memastikan kegiatan politik bacapres mendapat pengawasan dari pihaknya, termasuk safari Ganjar di Masjid Agung Banten pada Minggu (28/5) lalu. Di sana, Ganjar melakukan ziarah kubro di makam Kesultanan Keraton Surosowan Banten, Sultan Maulana Hasanudin. Kehadiran Ganjar saat itu disambut oleh puluhan kiyai dan ribuan jemaah. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat