visitaaponce.com

KPK Andhi Pramono Makan Gratifikasi Rp28 Miliar Sendirian

KPK: Andhi Pramono Makan Gratifikasi Rp28 Miliar Sendirian
Mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono(MI/Adam Dwi)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut mantan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono melakukan aksi gratifikasi sendirian. Uang haram senilai Rp28 miliar yang ia terima selama sepuluh tahun tidak dibagi-bagikan kepada pejabat lainnya.

"Sejauh ini, untuk perkara saudara AP (Andhi Pramono), kita melihat bahwa gratifikasi itu diberikan secara pribadi kepada yang bersangkutan," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata melalui tayangan YouTube KPK RI.

Alex menyebut pihaknya belum menemukan indikasi adanya pembagian uang gratifikasi ke pejabat-pejabat lain.

Baca juga: Andhi Pramono Terima Gratifikasi 10 Tahun, KPK Minta Bea Cukai Berbenah

"Apakah ada aliran uang dari rekening yang bersangkutan ke pejabat lainnya? Itu yang sejauh ini belum kami peroleh informasinya," ucap Alex.

Sebagaimana diketahui, Andhi Pramono memanfaatkan jabatannya di Bea Cukai Makassar untuk menjadi broker bagi pengusaha yang berbisnis di bidang ekspor dan impor. Ia berperan menjadi broker sejak 2012-2022. Dia bertugas menghubungkan importir untuk mencarikan barang logistik yang dikirim dari Singapura dan Malaysia ke Vietnam, Thailand, Filipina, dan Kamboja.

Baca juga: KPK Cari Unsur Kerugian Negara di Kasus Gratifikasi Andhi Pramono

Dalam dugaan penerimaan gratifikasi, Andhi disangkakan melanggar Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam pencucian uang, dia disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat