visitaaponce.com

Ganjar-Mahfud Ke KPU Naik Mobil Dinas Soekarno

Ganjar-Mahfud Ke KPU Naik Mobil Dinas Soekarno
Mobil Cadillac Fleetwood 75 Limousine yang pernah digunakan Soekarno akan digunakan mengantarkan Ganjar-Mahfud ke KPU.(MI/usman iskandar)

BAKAL calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Mahfud MD akan menggunakan mobil dinas RI-1 Soekarno saat menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10). 

Mobil dinas itu berjenis Cadillac Fleetwood 75 Limousine berwarna hitam itu sudah terparkir di Tugu Proklamasi. Tugu Proklamasi menjadi lokasi awal iring-iringan Ganjar-Mahfud yang dijadwalkan mendaftar ke KPU pukul 11.00 WIB

Mobil dinas Bung Karno itu masih terlihat terawat dengan baik. Catnya masih mengkilap dan tidak ada goresn di kaca mobilnya. 

Baca juga: Jelang Pendaftaran, Mahfud Tiba di Tugu Proklamasi
  
Ganjar dan Mahfud saat ini sudah tiba di Tugu Proklamasi sebelum melakukan perjalanan ke KPU. Tugu proklamasi pun sudah dipadati oleh relawan yang akan mengiringi pasangan ini.

Diketahui hari ini KPU membuka pendaftaran capres dan cawapres untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 hingga 25 Oktober 2023. 

Baca juga: Jadi Bacawapres, Polri Terbitkan SKCK Mahfud MD

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (Ant/Z-3)
  

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat