visitaaponce.com

Firli Bahuri Ngotot Mau ke Dewas Meski Ditolak

Firli Bahuri Ngotot Mau ke Dewas Meski Ditolak
Ketua KPK Firli Bahuri bersikeras ke Dewas usai konferensi OTT di Sorong, meski sudah ada surat resmi penolakan pemeriksaan.(Medcom/Candra)

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bersikeras menyambangi Dewan Pengawas (Dewas) hari ini, 14 November 2023. Dia menyebut akan berangkat usai memimpin konferensi pers operasi tangkap tangan (OTT) di Sorong.

"Kita sampaikan bahwa saya akan hadir hari ini di Dewas," kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (14/11).

Firli mengatakan Dewas sudah memberikan penolakan melalui surat resmi yang dikirimkan pagi ini. Namun, dia tetap ingin menyambangi instansi pemantau itu ketimbang Polda Metro Jaya.

Baca juga: Firli Bahuri Mangkir Panggilan Polda Metro Jaya Beralasan Diperiksa Dewas KPK

"Dewas memberi tahu ke kami tadi pagi, ada surat resmi ke kita bahwa hari ini Dewas rupanya ada kegiatan lain di Yogya kalau enggak salah. Ini ada suratnya," ucap Firli.

Kehadiran Firli di Dewas berkaitan dengan dugaan pemerasan dan pertemuan dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Namun, dia sejatinya dipanggil kemarin, 13 November 2023.

Baca juga: Dewas Tolak Firli Bahuri Jika Ngotot Diperiksa Hari Ini

Firli sudah tiga kali mangkir panggilan pemeriksaan kasus dugaan pemerasan SYL. Pertama dia mangkir saat panggilan pemeriksaan perdana pada Jumat, 20 Oktober 2023. Polda Metro menjadwalkan ulang pemeriksaan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Firli memenuhi panggilan dan meminta pemeriksaan dilakukan di Gedung Bareskrim Polri. Hasil pemeriksaan perdana itu dia mengakui pernah bertemu SYL di Lapangan Badminton, GOR Tangki, Sawah Besar, Jakarta Barat.

Firli kemudian, dipanggil kembali dalam agenda pemeriksaan tambahan pada Selasa, 7 November 2023. Pucuk pimpinan Lembaga Antirasuah itu kembali mangkir dengan alasan mengikuti kegiatan roadshow bus antikorupsi di Aceh. Padahal, kegiatan itu digelar pada 9-12 November 2023.

Polda Metro Jaya menjadwalkan ulang pemeriksaan itu hari ini Selasa, 14 November 2023. Ketua KPK ini kembali mangkir. Padahal agenda pemeriksaan dugaan pelanggaran etik oleh Dewas KPK ditunda pekan depan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat