visitaaponce.com

Waspada Politik Identitas Jelang Pemilu

Waspada Politik Identitas Jelang Pemilu
Petugas mengangkut bilik pemungutan suara Pemilu 2024 di gudang KPU(Antara)

KONFRENSI Waligereja Indonesia (KWI) menggelar sidang Sinodal Para Uskup se-Indonesia tahun 2023 yang dilaksanakan di gedung KWI, Jakarta, pada 7-14 November 2023.

Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin menyebut sidang KWI dihadiri oleh 37 keuskupan dan satu uskup dari TNI-Polri.

Antonius mengaku para uskup membahas soal situasi terkini di bidang politik, sosial, ekonomi dan lingkungan hidup baik berskala nasional maupun internasional.

Baca juga : Anies Minta tidak Ada Lagi Politik Identitas

Antonius menyebut tahun 2024 akan menjadi tahun yang suhu politiknya tinggi. “Khususnya yang terkait pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan legislatif,” ujar Antonius saat ditemui di Gedung KWI, Jakarta, Selasa (14/11). 

Baca juga: Kekecewaan Tokoh Bangsa Bentuk Kegelisahaan Masyarakat

Tingginya suhu politik tersebut, kata Antonius, rentan terhadap ancaman konflik horizontal yang dipicu oleh kepentingan politik sesaat dan diperparah oleh penyalahgunaan media informasi untuk menyebar kebohongan, fitnah, bahkan permusuhan.

Maka, Antonius mewakili para uskup mengingatkan akan bahaya politik identitas berdasarkan suku, agama, ras dan antar-golongan (SARA).

“Para uskup mengingatkan bahaya politik SARA yang rawan dimanfaatkan oleh para kontestan politik,” tegasnya.

Antonius menerangkan persoalan pemilu jadi perhatian khusus KWI. Pihaknya pun mengaku sudah mendapatkan ajakan bertemu dari ketiga calon presiden.

“Para calon sudah meminta dari timnya untuk ketemu dengan kita dan kita menerima semuanya. Justru berharap dengan pertemuan itu mereka punya niat baik untuk bangsa dan negara kita,” tegasnya.

“Jadi kita ajak calon itu mari, karena umat kita tersebar di tiga kelompok ini, jadi kita tidak bisa memilih salah satu. Pilihlah berdasarkan hati nurani. Ketika masuk ke ruang itu, pilih sesuai hati nurani. Karena yang hanya tahu hanya diri dan Tuhan. Kita dorong pilih ke TPS tapi pilih sesuai hati nurani,” tandasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat