visitaaponce.com

KPU Yakin Gesekan Persaingan tidak akan Terjadi secara Keras

KPU Yakin Gesekan Persaingan tidak akan Terjadi secara Keras
Logo KPU(Dok.MI )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI yakin gesekan-gesekan persaingan antar-partai politik tidak akan terjadi secara keras pada Pemilu 2024.

Hasyim menuturkan gesekan tidak akan terjadi lantaran masing-masing parpol akan memeriksa apakah memperoleh suara untuk pencalonan kepala daerah.

“Bila tidak maka kemudian harus mencari partner mencari kawan untuk berkoalisi atau mendapatkan gabungan dalam pencalonan kepala daerah,” ungkap Hasyim, Senin (27/11).

Baca juga: KPU dan Tiga Kontestan Pilpres Deklarasikan Kampanye Damai

“Kalau dalam Pemilu 2024 tempatnya untuk pemilu legislatif gesekan kompetisinya keras pasti akan sulit mencari kawan untuk pencalonan kepala daerah,” tambahnya.

Dengan begitu, kompetisi Pemilu 2024 yang juga berbarengan atau serentak di tahun yang sama dengan penyelenggaraan Pilkada 2024 bisa menjadi modal partai politik untuk bersaing berkompetisi secara sehat.

Baca juga: Bentuk Pelanggaran Netralitas Pemilu Ada di Tingkat Regulasi dan Tingkat Lapangan

“Karena pada dasarnya nanti yang sekarang ini di 14 Februari 2024 jadi lawan politik bisa jadi nanti kawan berpolitik dalam pilkada,” ujarnya.

Hasyim juga meyakini para peserta pemilu calon presiden dan wakil presiden bersahabat semua lantaran ada dalam kabinet yang sama dalam satu periode yang sama.

“Sehingga sama-sama punya dan tahu persis program-program dalam satu periode, sama-sama pernah punya pengalaman sebagai kepala daerah yang pada intinya beliau semua ini adalah aktif di pemerintahan,” ucap Hasyim.

Dengan demikian, kata Hasyim, sindir-menyindir dipastikan akan sedikit berkurang karena masing-masing calon mengetahui-titik lemah dan titik kuat lawannya.

Yang paling penting, Hasyim meyakini para paslon presiden dan wapres dapat menjaga kedamaian Ibu Pertiwi dan untuk membangun negeri Indonesia Raya. (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat