visitaaponce.com

Kembali Lakukan Provokasi, Gibran Dianggap Pertontonkan Ketidakpatutan

Kembali Lakukan Provokasi, Gibran Dianggap Pertontonkan Ketidakpatutan
Cawapres Gibran Rakabuming Raka, di Debat Cawapres, Jumat, 22 Desember 2023.(AFP )

CALON wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka dianggap mempertontonkan ketidakpatutan. Gibran kembali melakukan provokasi kepada relawannya saat debat cawapres. 

"Ini bentuk pembangkangan terhadap aturan etika, kepatutan, ini artinya beliau sudah mempertontonkan suatu hal yang tidak layak," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago kepada Medcom.id, Sabtu, 23 Desember 2023.

Pangi menjelaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menegur Gibran untuk tidak melakukan tindakan provokatif saat debat calon presiden (capres). Namun, cawapres 02 itu tak mengindahkan. 

Baca juga: Debat Capres-Cawapres untuk Uji Gagasan, Bukan Dapat Tepuk Tangan Terbanyak

Gibran, kata Pangi, menyepelekan teguran dari KPU. Sebab, anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu merasa negara berada dalam kendalinya.

"Sehingga kalau ada sanksi gak ada yang berani mengeluarkan beliau dari gelanggang pertarungan (debat)," bebernya. 

Baca juga: Ganjar Sentil Gibran Soal Penggunaan Istilah Sulit di Debat Cawapres

Lebih lanjut, Pangi meminta KPU dapat bersikap tegas. KPU harus mengeluarkan Gibran apabila kembali melakukan tindakan serupa saat debat selanjutnya. 

Gibran kembali melakukan gerakan yang memicu kericuhan dari pendukungnya dalam acara debat cawapres 2024, di JCC, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Desember 2023. 

Gibran Rakabuming terlihat mengayun-ayunkan tangan seperti memberikan semangat kepada para pendukung ketika selesai memberikan tanggapannya perihal Ibu Kota Nusantara (IKN). Area pendukung anak Presiden Jokowi itu lantas menjadi ramai. 

Gestur tersebut serupa dengan yang ia lakukan pada debat perdana capres 2024, Selasa, 12 Desember 2023. Pada saat itu, Gibran sampai bangkit dari duduk dan mengajak para penonton debat ikut bersorak menyemangati Prabowo Subianto. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat