visitaaponce.com

Seperti Rutan KPK, TPS Rutan Polda Metro Jaya Dikuasai Prabowo-Gibran

Seperti Rutan KPK, TPS Rutan Polda Metro Jaya Dikuasai Prabowo-Gibran
Ilustrasi(Antara)

CALON presiden dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat 145 suara dari tahanan Reskrimum, Reskrimsus hingga Resnarkoba Polda Metro Jaya di TPS Rutan Polda Metro Jaya.

Adapun total surat suara di rutan Polda Metro sebanyak 204. Dengan rincian di rumah tahanan (rutan) Resnarkoba sebanyak 81 suara, yang empat di antaranya tidak sah, dan 123 suara di Rutan Reskrimum yang empat di antaranya juga tidak sah.

Sementara itu, ada 27 suara untuk paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Lalu paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan 24 suara dari tahanan Polda Metro.

Baca juga : Napi Koruptor di Rutan KPK Pilih Prabowo-Gibran

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan dalam pemilu 2024 ini polisi menyiapkan dua tempat pemungutan suara (TPS) untuk para tahanan. Fasilitas itu untuk mengakomodasi tahanan reskrimum, reskrimsus dan tahanan kasus narkoba.

Dia mengatakan pelaksanaan pencoblosan oleh para tahanan sudah dilakukan sesuai prosedur. Polri berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu sesuai Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 diatur soal ketentuan lokasi TPS.

Di samping itu, Ade Ary mengatakan polisi tetap fokus melakukan pengawalan dan pengamanan Pemilu. Termasuk, menjunjung tinggi netralitas.

Baca juga : Rosan Roeslani Laporkan Connie Bakrie soal Gibran yang Bakal Gantikan Posisi Prabowo 

"Polda Metro Jaya siap dan fokus pada pengawalan dan pengamanan Pemilu," ujar Ade saat dikonfirmasi, Rabu, 14 Februari 2024.

Untuk diketahui, pencoblosan Pemilu 2024 sudah berlangsung hari ini Rabu, 14 Februari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 204.807.222.

Rinciannya jumlah pemilih di dalam negeri sebanyak 203.056.748 orang, dan total pemilih luar negeri sebanyak 1.750.474 orang. Adapun jumlah TPS di dalam negeri sebanyak 820.161 TPS yang tersebar di 514 kabupaten atau kota, 7.277 kecamatan dan 83.731 desa atau kelurahan.

Baca juga : Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Kampanye Akbar Capres di JIS dan GBK

TPS Rutan KPK 

Dukungan suara para tahanan di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga didominasi oleh Prabowo-Gibran. Di TPS 901 Rutan KPK, mereka yang didukung petahana Presiden Joko Widodo mendapatkan suara sebanyak 38.

Terdapat 76 orang yang melakukan pencoblosan di TPS Rutan KPK. Pasangan nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berada di posisi kedua dengan dukungan sebanyak 24 suara.

Pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapatkan suara terkecil. Mereka hanya didukung oleh sembilan orang di TPS Rutan KPK. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat