visitaaponce.com

PSI Langsung Alihkan Fokus ke Pilkada

PSI Langsung Alihkan Fokus ke Pilkada
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.(ANTARA/PRASETIA FAUZANI)

PARTAI Solidaritas Indonesia (PSI) gagal mengirimkan wakilnya ke Senayan usai mendapatkan suara di bawah ambang batas parlemen berdasarkan penetapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kendatipun, PSI masih memiliki wakil di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) baik level provinsi maupun kabupaten/kota.

Menurut Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, jumlah wakil rakyat PSI di DPRD pada Pemilu 2024 meningkat 200% dibanding hasil Pemilu 2019. Kursi-kursi PSI di daerah, sambungnya, menjadi modal untuk menyongsong Pilkada 2024 yang bakal digelar pada November mendatang.

"Kalau kursinya banyak itu ada di NTT kita ada 6 kursi di (DPRDP) provinsi, Jakarta tentunya kita ada 8, di Solo, Semarang kita punya 5 kursi kalau enggak salah, terus Surabaya kita juga ada 5," paparnya di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (21/3).

Baca juga : KPU-Bawaslu harus Bongkar Dugaan Operasi Senyap yang Dongkrak Suara PSI

Kaesang juga menyebut wakil rakyat dari PSI bakal menghiasi DPRD 2024-2029 di Bandung, Madiun, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, maupun Kabupaten Ende.

"Itu yang mungkin akan kami akan proses untuk pilkada nanti," ujar Kaesang.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni mengatakan terjadi kenaikan siginifikan suara PSI dalam pemilu kali ini. Berdasarkan hasil rekapitulasi yang telah ditetapkan KPU, PSI mendapat 4.260.169 suara atau 2,8%. Pada Pemilu 2019, suara PSI hanya 1,8%.

Menurutnya, jika tidak ada ambang batas parlemen sebesar 4%, PSI memiliki enam wakil rakyat di DPR RI 2024-2029. Beberapa di antaranya adalah Grace Natalie, Isyana Bagus Oka, dan Ade Armando. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat