visitaaponce.com

BI DIY Siapkan RP5,5 Triliiun Uang Kartal

BI DIY Siapkan RP5,5 Triliiun Uang Kartal
Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Yogyakarta telah menyiapkan uang kartal sebesar Rp5,5 triliun untuk Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.(MI/Ardi)

DALAM rangka menyambut Ramadan dan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024, Bank Indonesia memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar meIalui program Semarak Rupiah Rainadhan dan Berkah Idul Fitri  (SERAMBI) 2024 dengan tagline "Bijak Gunakan Rupiah of Bulan Penuh Berkah".

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ibrahim menyampaikan, di wilayah DIY, jumlah uang kartal yang dipersiapkan selama periode SERAMBI 2024 sebesar Rp5,5 triliun, yaitu terdiri dari penarikan bank (outflow) dari Bl sebesar Rp4,5 trillun dan Transaksi Uang Kartal Antar Bank (TUKAB) sebesar Rp1 Triliun. 

"Jumlah uang kartal tersebut meningkat sebesar 5,8% (yoy) jika dibandingkan dengan tahun Ialu sebesar Rp5,2 trillun (outflow Bl & TUKAB)," kata dia saat Kick Off SERAMBl 2024 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY (KPW BI DIY), Rabu (20/3) yang dihadiri pimpinan 37 bank urnum di DIY.

Baca juga : Bank Indonesia Kalsel Siapkan Rp3 Triliun untuk Penukaran Uang

"Kenaikan ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kunjungan wisatawan pada saat libur Lebaran 2024 di DIY," kata dia.

Secara nasional, Bank Indonesia menyediakan uang tunai senilai Rp197,6 trillun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai layak edar selama periode SERAMBI 2024, serta membuka layanan sejumlah 4264 titik di seluruh Indonesia.

Proyeksi penyediaan uang secara riasional tersebut meningkat sebesar 4,65% dibandingkan tahun Ialu sebesar Rp188,8 Trillun. Bank Indonesia juga sudah mengimplementasikan secara riasional layanan Bl secara wholesale meIalui perbankan.

Baca juga : Kick Off Serambi 2024, BI NTT dan Perbankan Siapkan 70 Titik Penukaran Uang

Untuk memastikan ketersediaan uang Rupiah yang mencukupi, berkualitas dan layak edar, BI DIY melakukan strategi utama. Pertama, mendistribusikan uang Rupiah yang dimulai pada saat memasuki Ramadan.

Kedua, meIakukan kegiatan kas keliling sehingga menjangkau masyarakat secara Iebih Iuas. Ketiga, Bank Indonesia mengimbau agar masyarakat meIakukan penukaran uang Rupiah pada tempat yang resini guna mejamin keaslian dan kualitas uang Rupiah.

Dalam pelaksanaan penukaran menggunakan sarana digital, yaitu meIalui aplikasi PINTAR (http: pintar.go.id). Pemesanan layanan penukaran uang sebesar Rp 4.000.000 per orang dengan rincian pecahan Rp50.000 sebanyak 20 Iembar, Rp20.000 sebanyak 50 Iembar, Rp10.000 sebanyak 100 Iembar, Rp5.000 sebanyak 100 Iembar, Rp2.000 sebanyak 200 Iembar, dan Rp1.000 sebanyak I00 Iembar.

Baca juga : Uang Layak Edar pada Ramadan-Idul Fitri Naik 4,65%

Guna memperluas jangkauan layanan uang Rupiah kepada masyarakat, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan perbankan DIY dengan membuka layanan penukaran meIalui loket perbankan dan membuka layanan kas keliling bersama yang tersebar di berbagai titik. Pada Rainadhan 2024, titik lokasi penukaran teldiri dari Kaskel 5 titik, kas keliling bersama 6 titik, dan 37 bank beserta kantor cabang.

"Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk senantiasa Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah secara komprehensif," lanjut dia.

Wujud Cinta Rupiah dengan mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah. Rasa Bangga Rupiah dengan menjaga Rupiah yang merupakan Simbol kedaulatan negara, serta Paham Rupiah dengan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian.

Baca juga : BI Siapkan Rp197,6 Triliun untuk Penukaran Uang

Dengan memaknai Cinta Bangga Paham Rupiah (CBPM) diharapkan masyarakat dapat menggunakan uang Rupiah dengan berbelanja secara bijak sehingga dapat mendukung stabilitas harga harga pokok.

Bank Indonesia juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya QRIS, memperluas kepersertaan Bl-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat. Seiain itu Bank Indonesia juga mendorong Penyedia Jasa pernbayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi of bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Lebih Ianjut, kegiatan Kick Off SERAMBI 2024 diikuti juga dengan seremonial penandatanganan komitmen bersama antara Bank Indonesia dengan seluruh perbankan yang hadir untuk turut sena mendukung dan berkolaborasi program Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah di DIY.

Ia menjelaskan, kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi program Bank Indonesia dan perbankan of DIY dalam rangka akselerasi pemahaman CBP Rupiah secara komprehensif of masyarakat.

Dengan adanya SERAMBl 2024, diharapkan dapat semakin mengoptimalkan pengelolaan uang rupiah selama periode Ramadhan dan Idulfitri meIalui ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya dengan layanan kas prima, serta pemahaman berbelanja bijak of masyarakat dapat berjalan dengan baik. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat