visitaaponce.com

Iran Minta FIFA Larang Israel akibat Agresi di Gaza Palestina

Iran Minta FIFA Larang Israel akibat Agresi di Gaza Palestina
Logo FIFA.(AFP/Michael Buholzer)

FEDERASI sepak bola Iran pada Sabtu (10/2) mengatakan pihaknya telah meminta badan sepak bola dunia, FIFA, untuk menangguhkan federasi sepak bola Israel atas perang yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina.

Dalam pengumuman yang di-posting pada situs federasi sepak bola Iran, Iran meminta FIFA untuk menangguhkan sepenuhnya federasi Israel dari semua aktivitas yang berkaitan dengan sepak bola.

Permintaan tersebut juga meminta tindakan segera dan serius oleh FIFA dan asosiasi anggotanya untuk mencegah berlanjutnya kejahatan Israel serta menyediakan makanan, air minum, obat-obatan, dan pasokan medis kepada orang-orang yang tidak bersalah dan warga sipil.

Baca juga : Iran Berkabung atas 84 Orang Tewas dalam Dua Ledakan

Perang di Gaza dimulai pada tanggal 7 Oktober dengan serangan yang belum pernah terjadi oleh militan Hamas terhadap Israel. Bencana ini mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Sebagai tanggapan, Israel berjanji untuk memberantas Hamas. Mereka melancarkan serangan udara dan serangan darat yang telah menewaskan sedikitnya 27.947 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

Iran memuji serangan Hamas pada 7 Oktober sebagai suatu kesuksesan tetapi membantah terlibat langsung.
Republik Islam tidak mengakui Israel, musuh bebuyutannya, dan melarang semua kontak antara atlet Iran dan Israel.

Baca juga : Pasukan Hash Pro-Iran di Irak Sebut AS Bunuh Komandan Senior

Pemerintah Iran pada Agustus lalu memberikan larangan seumur hidup kepada atlet angkat besi Mostafa Rajaei, setelah ia berjabat tangan dengan pesaing asal Israel dalam satu acara di Polandia. Media pemerintah melaporkan pada saat itu.

Federasi angkat besi Iran juga memecat ketua delegasi kompetisi tersebut, Hamid Salehinia. 

Pada 2021, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mendesak para atlet untuk tidak berjabat tangan dengan perwakilan rezim kriminal (Israel) untuk mendapatkan medali.

Baca juga : AS Vs Houthi Memanas, Kapal Perang Iran Masuki Laut Merah

Sekelompok asosiasi sepak bola Timur Tengah, termasuk Palestina, Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab, juga telah meminta para pemimpin sepak bola dunia untuk melarang Israel atas perang terhadap Hamas di Gaza. Sky News melaporkan itu pada Kamis (8/2). (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat