visitaaponce.com

Berhadiah Rp15 Juta Yuk Ikutan Sayembara Kritik Film DKJ 2023

Berhadiah Rp15 Juta! Yuk Ikutan Sayembara Kritik Film DKJ 2023
Sayembara kritik film DKJ 2023.(IG DKJ)

TAHUN ini, Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menggelar sayembara menulis kritik film yang dibuka bagi publik dengan batas waktu pengiriman pada 7 April-26 Mei hingga pukul 23.59 WIB. Sayembara dengan total hadiah puluhan juta ini ditujukan untuk meningkatkan percakapan sesama penggemar film sekaligus menjadi diskursus kritis dalam upaya DKJ meluaskan pengetahuan publik seputar sinema.

“Program ini juga menjadi wadah penulisan kritik film bagi publik dan pencinta film nasional untuk dapat memperkaya khasanah penulisan kritik film tanah air,” jelas Ekky Imanjaya, Ketua Komite Film DKJ dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Rabu, (17/5).

Dalam proses seleksi dan penjurian, ada tiga tahapan yaitu seleksi awal (administratif) yang dilakukan panitia, seleksi karya yang dilakukan Kafein (Asosiasi Pengkaji Film Indonesia), dan penjurian akhir. Komite Film Dewan Kesenian Jakarta sudah menetapkan tiga dewan juri untuk penjurian akhir, yaitu Seno Gumira Ajidarma (Penulis, Akademisi), Eric Sasono (Peneliti Independen, Kritikus Film), dan Yulia Evina Bhara (Produser Film) guna menilai dan memilih karya kritik film terbaik yang dikirimkan seluruh pecinta film ke Dewan Kesenian Jakarta.

Baca juga: Perankan Ibu Sekaligus Penembak Jitu, Jennifer Lopez Tampil Ciamik di ‘The Mother’

Syarat dan ketentuan sayembara menulis kritik film DKJ 2023 di antaranya adalah menyertakan identitas berupa KTP/kartu pelajar/paspor. Karya kritik yang dikirimkan berupa tulisan minimal 300 kata dengan mengkaji satu atau lebih film Indonesia (film panjang/pendek dari berbagai genre dan tipe/jenis, film dokumenter, film animasi) atau pembacaan atas gejala estetik atau tematis tertentu film Indonesia dari berbagai masa.

Film yang menjadi subyek tulisan merupakan film Indonesia. Tidak terbatas tahun produksi atau tahun tayang. Dalam kritik film, disertakan informasi medium menonton film yang dikritik.

Baca juga: Review Film The Covenant, Kisah Balas Budi Prajurit AS Terhadap Penerjemah Afghanistan

Setiap peserta boleh mengumpulkan lebih dari satu tulisan kritik film. Karya yang dikirim merupakan karya asli peserta yang belum diikutsertakan dalam lomba sejenis. Kritik film yang dikirim merupakan karya asli peserta berupa karya yang sudah atau belum dipublikasikan.

Peserta juga bersedia memberi izin DKJ untuk menerbitkan kumpulan tulisan terbaik. 10 kritik film yang terpilih sebagai finalis akan dipublikasikan dalam format e-book yang akan diterbitkan oleh Komite Film DKJ. Sementara untuk tiga tulisan terbaik, akan mendapat hadiah uang tunai. Pemenang pertama mendapatkan Rp15 juta, pemenang kedua Rp12 juta, dan pemenang ketiga akan mendapat Rp10 juta (belum dipotong pajak).

Karya tulisan kritik bisa dikirimkan melalui tautan http://bit.ly/SayembaraKritikFilmDKJ. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang ditulis antara Januari 2022 hingga Mei 2023.

Malam penganugerahan Sayembara Menulis Kritik Film DKJ 2023 akan diselenggarakan pada minggu keempat Juni 2023.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat