visitaaponce.com

PLN NP telah Produksi Energi Bersih 1.867 MW di 2023

PLN NP telah Produksi Energi Bersih 1.867 MW di 2023
Foto udara bendungan Waduk Cirata di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (3/1/2020).(ANTARA/RAISAN AL FARISI)

PT PLN Nusantara Power (PLN NP) tercatat telah banyak melakukan produksi energi bersih melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 1.867,32 megawatt (MW) per April 2023.

General Manager PLN NP Muara Karang Maryono mengatakan, produksi energi bersih tersebut tentunya akan ditingkatkan untuk mempercepat target Net Zero Emission. Namun demikian, pihaknya mengakui bahwa untuk penggunaan energi baru terbarukan membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Sekarang kami di Muara Karang sudah pada tahap feasibility study, kami berangkat ke Jepang dan sudah meeting disana mengenai hal ini. Dan harapannya mungkin tahun depan kita upayakan hydrogen energy sudah siap," ujar Maryono di Jakarta, Rabu (5/4).

Baca juga: ESDM: Gas Bumi Jadi Modal Menuju Energi Terbarukan

Ia mengatakan, untuk mengisi hydrogen energy ke bahan dasar gas dan uap tentunya membutuhkan waktu yang lama. Menurutnya, hal tersebut harus dipersiapkan lebih matang agar dapat digunakan lebih aman.

"Contohnya motor dulu kita isi bensin terus kita isi gas. Itu harus di-tuning. PLTGU yang dulu berbasis natural gas mau kita isi hydrogen, harus kita siapkan dulu agar lebih aman," imbuhnya.

Maryono mengatakan, saat ini energi bersih yang sudah diproduksi PLTA NP berasal dari PLTA di Waduk Cirata.

Baca juga: Komitmen PLN Mendorong Energi Terbarukan Bukan Kaleng-kaleng, Ini Buktinya

Pihaknya, lanjut Maryono, memproduksi listrik dari PLTA Waduk Cirata sebanyak 1.008 MW dan diperkirakan daya listrik tersebut akan ditambah lagi untuk kedepannya.

"Nusantara Power produksi listrik dari PLTA Waduk Cirata sebanyak 1.008 MW, tapi kami perkirakan akan nambah tahun ini untuk menyongsong Net Zero Emission 2060," tuturnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat