visitaaponce.com

Para Pemimpin Dunia Berduka Atas Kepergian Gorbachev

 Para Pemimpin Dunia Berduka Atas Kepergian Gorbachev
Mantan Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev saat melakukan konferensi pers pada 1996.(AFP)

PARA pemimpin dunia memberikan penghormatan kepada Mikhail Gorbachev yang meninggal dunia pada Selasa waktu setempat. Gorbachev merupakan pemimpin Uni Soviet terakhir, yang meninggal di sebuah rumah sakit di Moskow pada usia 91 tahun.

Adapun Gorbachev mengembalikan demokrasi ke negara-negara Eropa, yang saat itu dikuasai komunis. Dia pun disebut seorang pemimpin yang mengubah dunia lebih baik. Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan simpati mendalam atas kepergian Gorbachev.

"Besok, dia (Putin) akan mengirim telegram belasungkawa kepada keluarga dan teman-temannya," ungkap Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Baca juga: Pemimpin Terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev Tutup Usia

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan, memuji Gorbachev sebagai negarawan satu-satunya yang mengubah sejarah dunia. Gorbachev juga bertindak di atas rata-rata pemimpin dunia lain karena berhasil mengakhiri Perang Dingin.

"Dunia telah kehilangan pemimpin global yang menjulang tinggi, multilateralis yang berkomitmen dan advokat yang tak kenal lelah untuk perdamaian," tutur Guterres.

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga memuji kepemimpinan Gorbachev, yang suka menyemai perdamaian. Dirinya pun menyampaikan ucapan belasungkawa atas kematian Gorbachev. "Komitmennya terhadap perdamaian di Eropa mengubah sejarah kita bersama," kata Macron.

Baca juga: Putra Sulung Che Guevara Meninggal Dunia di Venezuela

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menilai Gorbachev sebagai pemimpin yang langka. Sebab, membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman. "Ini tindakan seorang pemimpin yang langka, seseorang dengan imajinasi yang melihat masa depan yang berbeda. Bahkan, mempertaruhkan seluruh karirnya untuk mencapainya," ucap Biden.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengagumi keberanian dan integritas yang ditunjukkan Gorbachev dalam mengakhiri Perang Dingin. “Pada saat agresi Putin di Ukraina, komitmennya yang tak kenal lelah untuk membuka masyarakat Soviet, tetap menjadi contoh bagi kita semua,” tukasnya.

Adapun Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Kishida mencatat peran penting Gorbachev dalam pengurangan senjata nuklir yang dipegang oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat. Menurutnya, Gorbachev telah membuat prestasi besar untuk perdamaian dunia.(AFP/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat