visitaaponce.com

Serangan Udara AS Tewaskan Komandan Pro-Iran di Baghdad

Serangan Udara AS Tewaskan Komandan Pro-Iran di Baghdad
Serangan udara Amerika di Irak pada Rabu menewaskan seorang komandan senior dari kelompok bersenjata pro-Iran.(AFP)

SERANGAN udara Amerika di Irak pada Rabu menewaskan seorang komandan senior dari kelompok bersenjata pro-Iran yang terlibat dalam serangan terhadap pasukan Washington di wilayah tersebut, kata militer AS.

Washington meluncurkan serangkaian serangan terhadap target terkait Iran di Irak dan Suriah pekan lalu, setelah pembunuhan tiga tentara Amerika di Yordania pada 28 Januari. US Central Command (CENTCOM) mengatakan komandan yang tewas pada Rabu menjadi target sebagai respons terhadap serangan terhadap anggota dinas AS.

"Serangan itu menewaskan seorang komandan Kataeb Hezbollah yang bertanggung jawab langsung merencanakan dan berpartisipasi dalam serangan terhadap pasukan AS di wilayah tersebut," menurut CENTCOM, yang mengatakan tidak ada indikasi kerusakan sekitar atau korban sipil pada saat ini.

Baca juga : AS Akui Tidak Beri Tahu Serangan Udara ke Wilayah Irak

"Amerika Serikat akan terus mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi rakyat kami. Kami tidak akan ragu untuk menuntut pertanggungjawaban semua orang yang mengancam keselamatan pasukan kami," tambahnya.

Anggota Kataeb Hezbollah, yang mengumumkan penangguhan kekerasan terhadap pasukan AS setelah serangan mematikan di Yordania, mengonfirmasi seorang komandan yang bertanggung jawab atas "file militer" di Suriah telah tewas, mengidentifikasinya sebagai Abu Baqr al-Saadi.

Hashed al-Shaabi, koalisi paramiliter pro-Iran yang sekarang terintegrasi ke dalam pasukan keamanan reguler Irak, juga mengonfirmasi kematian Saadi dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : Kremlin Minta AS Tenang usai Tiga Tentaranya Tewas di Yordania

Seorang pejabat kementerian dalam negeri mengatakan total tiga orang - dua pemimpin Kataeb Hezbollah dan sopir mereka - tewas dalam serangan itu, yang dilakukan oleh drone di lingkungan Baghdad timur Machtal.

Bermain Api

Seorang fotografer AFP mengatakan pasukan keamanan dikerahkan di lingkungan tersebut, melarang akses ke sana setelah serangan.

Kemudian, pada malam hari, sisa-sisa sebuah mobil diangkat dari area tersebut.

Baca juga : Serangan AS Membunuh Komandan pro-Iran di Irak

Menanggapi kematian komandan tersebut, gerakan Al-Nujaba pro-Iran di Irak dalam sebuah pernyataan berjanji "balasan yang ditargetkan", menjamin bahwa "kejahatan ini tidak akan terlewatkan tanpa hukuman."

Kelompok tersebut menambahkan bahwa "pelanggaran" Amerika tidak akan berhenti tanpa "sikap resmi dan tegas dari pemerintah Irak."

Hamas juga mengutuk "pelanggaran kedaulatan dan keamanan Irak," menurut sebuah pernyataan.

Baca juga : Serangan Dua Roket Menghantam Zona Hijau di Baghdad, Irak

Pasukan AS dan sekutu mereka telah diserang lebih dari 165 kali di Timur Tengah sejak pertengahan Oktober dalam kampanye yang dilancarkan oleh kelompok bersenjata yang didukung Iran yang marah atas dukungan AS terhadap Israel dalam perang di Gaza.

Amerika Serikat menganggap Kataeb Hezbollah - yang dikatakan Washington mungkin terlibat dalam serangan di Yordania - sebagai kelompok teroris.

Hashed al-Shaabi mengatakan 16 pejuangnya tewas dan 36 orang terluka dalam serangan AS pada Jumat, yang dikatakan Washington menghantam 85 target di tujuh lokasi berbeda di Irak dan Suriah.

Baca juga : 4 Tewas, Termasuk Warga Sipil dalam Serangan Israel di Homs, Suriah

"Mengincar Hashed al-Shaabi bermain dengan api," peringatan pemimpin kelompok itu, Faleh al-Fayyad, pada hari Minggu.

Lembaga pemantau perang Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan setidaknya 29 pejuang pro-Iran tewas di Suriah.

Amerika Serikat dan Irak membuka pembicaraan tentang masa depan kehadiran pasukan pimpinan AS pada bulan Januari, menyusul permintaan dari perdana menteri Irak untuk jadwal penarikan mereka.

Baca juga : Tiongkok-Rusia Sebut Amerika Kacaukan Timur Tengah

Washington memiliki sekitar 900 tentara di Suriah dan 2.500 di Irak sebagai bagian dari koalisi internasional melawan kelompok Negara Islam.

Pasukan AS di Irak ditempatkan atas undangan Baghdad, tetapi mereka di Suriah berada di wilayah di luar kendali pemerintah Suriah. (AFP/Z-3)

Baca juga : AS Bantah Memberikan Peringatan Awal kepada Irak Terkait Serangan Udara

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat