visitaaponce.com

Pemkab Cianjur Inventarisasi Tokoh yang Diusulkan Jadi Pahlawan

Pemkab Cianjur Inventarisasi Tokoh yang Diusulkan Jadi Pahlawan
Bupati Cianjur Herman Suherman(MI/BENNY BASTIANDY)

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, segera menginventarisasi
tokoh-tokoh penting yang berkontribusi besar terhadap perjalanan panjang Indonesia merebut kemerdekaan. Mereka nanti akan diusulkan sebagai pahlawan nasional.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengaku, pemerintah daerah selalu
mengupayakan tokoh yang memiliki peran besar saat masa perjuangan bisa
diusulkan menjadi pahlawan nasional. Upaya itu merupakan bentuk penghargaan atas jasa mereka yang sudah berjuang merebut kemerdekaan RI.

"Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Badan Kesbangpol menginventarisasi. Seperti KH Abdullah bin Nuh, dulu kita usulkan. Sekarang sudah masuk," katanya seusai upacara Hari Pahlawan di halaman apel komplek Pemkab Cianjur, Jumat (10/11).

Dia menuturkan, jika didata, mungkin cukup banyak tokoh pejuang di
Kabupaten Cianjur yang layak diusulkan sebagai pahlawan nasional. Tak hanya tokoh lokal, beberapa tokoh dari luar daerah yang dimakamkan di Cianjur ikut diusulkan.

"Seperti Pangeran Hidayatulloh dari Kalimantan. Beliau dimakamkannya di
Cianjur. Makanya, kita coba inventarisasi. Kalau sudah ada datanya, insya Allah kita usulkan agar ditetapkan sebagai pahlawan nasional," tegasnya.

Pada peringatan Hari Pahlawan itu, rombongan Pemkab Cianjur juga berziarah ke Taman Makam Pahlawan. Menurut Herman, Hari Pahlawan menjadi momen mengingat kembali perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.

"Di zaman sekarang, berbagai perjuangan harus kita lakukan. Terutama di
kalangan pemerintah yang tentu harus berjuang untuk kepentingan masyarakat, sehingga masyarakat lebih sejahtera serta mandiri, maju, religius, serta berakhlak mulia," pungkasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat