visitaaponce.com

Harga Cabai Rawit Merah di Kota Sukabumi Tetap Mahal

Harga Cabai Rawit Merah di Kota Sukabumi Tetap Mahal
Seorang pedagang di pasar tradisional Sukabumi tengah melayani pembeli(MI/BENNY BASTIANDY)

HARGA cabai rawit merah di Kota Sukabumi, Jawa Barat, sempat mencapai Rp102 ribu per kilogram dua hari lalu. Kini harganya terpantau kembali turun meskipun tak terlalu signifikan.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Koperasi Usaha Mikro
Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, Muhammad Rifki, menuturkan hasil monitoring di lapangan pada Jumat (24/11), harga cabai rawit merah mulai kembali turun. Saat ini harganya di kisaran Rp100 ribu per kg.

"Ada penurunan harga, tapi tak terlalu signifikan. Turunnya hanya Rp2 ribu per kg. Masih relatif cukup mahal harga cabai rawit merah," kata Rifki, Jumat (24/11).

Selain cabai rawit merah, komoditas lain yang terpantau turun yakni lobak. Semula harganya Rp10 ribu, sekarang turun jadi Rp7.000 per kg.

Terdapat pula komoditas yang harganya naik. Di antaranya cabai merah besar lokal yang semula Rp85 ribu naik jadi Rp90 ribu per kg dan bawang putih dari Rp30 ribu menjadi Rp32 ribu per kg.

Rifki menuturkan, fluktuasi harga dominan terjadi pada komoditas sayuran. Kondisi itu terjadi kemungkinan karena faktor cuaca.

"Kondisi cuaca saat ini masih berubah-ubah. Mungkin sedang transisi dari kemarau ke hujan. Jadi, kondisi ini berdampak terhadap produksi. Apalagi hampir tiga bulan terakhir terjadi kemarau cukup panjang," jelasnya.

Rifki belum bisa memastikan kondisi harga mendekati Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Namun melihat kondisi saat ini kemungkinan beberapa komoditas pokok harganya bakal naik.

"Mudah-mudahan bisa terkendali. Peningkatan permintaan pasti ada karena
menjelang hari besar keagamaan ditambah nanti akhir tahun," pungkasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat