visitaaponce.com

Pemprov Jawa Barat Sepakat Melanjutkan Program Bebersih Citarum Harum

Pemprov Jawa Barat Sepakat Melanjutkan Program Bebersih Citarum Harum
Warga membersihkan sampah di Sungai Cikapundung, salah satu anak Sungai Citarum(ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

PROGRAM Citarum Harum masih harus ditingkatkan. Ada beberapa kondisi yang belum sesuai dengan harapan.

"Rencana aksi Citarum Harum akan terus berjalan hingga 2025. Di lapangan masih banyak target yang belum tercapai," ungkap Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Kamis (30/11).

Dari hasil Rapat Koordinasi Satuan Tugas Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, di Gedung Sate, dia memastikan aksi harus terus dilanjutkan.

Bey menyatakan untuk program Citarum Harum, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan tetap menyediakan anggaran. "Yang pasti aksi ini akan terus berlanjut.

Program Citarum Harum, lanjutnya, tidak hanya harus diperpanjang. "Program seperti ini harus terus diperluas ke sungai-sungai yang lain."

Menurut dia, masih banyak sungai-sungai di Jawa Barat yang juga bermasalah dengan polusi dan limbah. Sungai-sungai itu juga harus dibersihkan seperti halnya Sungai Citarum.

Program Citarum Harum sudah digulirkan sejak 2018. Program ini melibatkan prajurit dan perwira TNI Angkatan Darat dari Kodam III/Siliwangi.

Dalam Peraturan Presiden No 15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum, target program itu ialah kualitas air berada di angka 70 poin, yang masuk kategori mutu air berkualitas kelas 2. Target itu akan dicapai hingga 2025 atau selama 7 tahun program.

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada pertengahan 2023 menyatakan kondisi Citarum sudah masuk kategori cemar ringan. "Akhir 2020 lalu, angkanya menyentuh 55 poin." (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat