visitaaponce.com

PT Kereta Api Indonesia Luncurkan 2 Perjalanan Kereta Baru di Jawa Barat

PT Kereta Api Indonesia Luncurkan 2 Perjalanan Kereta Baru di Jawa Barat
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin pada peluncuran dua rangkaian KA Baru di Jawa Barat(DOK/DISINFOKOM JAWA BARAT)

PT Kereta Api Indonesia meluncurkan dua rangkaian KA baru di wilayah Jawa Barat. Keduanya ialah KA Papandayan melayani rute Garut-Gambir (pp) dan KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir (pp).

Peluncuran KA baru itu dilakukan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto serta Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, Rabu (24/1).

Bey menyatakan pembukaan jalur baru ini akan berdampak positif pada konektivitas, pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan mobilitas masyarakat Jawa Barat. Pengoperasian KA Papandayan dan KA Pangandaran akan memperkuat konektivitas antarkota dan antardaerah di Jabar.

Sementara Dirut PT KAI berharap pengoperasian KA relasi baru ini dapat menumbuhkan sektor pariwisata, budaya, dan perekonomian di Jabar selatan.

"Jawa Barat memiliki panorama alam yang indah dan bisa dinikmati dalam perjalanan kereta. Kami berharap semakin banyak masyarakat yang bisa mencoba pengalaman ini," paparnya.

Menteri ATR mengaku untuk peningkatan layanan transportasi masyarakat, pihaknya telah memberi dukungan berupa persiapan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), termasuk untuk pembebasan wilayahnya. "Kami minta bupati bekerja sama agar wilayah PT KAI yang belum bersertifikat dan masih bermasalah untuk segera diselesaikan."

RDTR, lanjutnya, akan memudahkan dan mempercepat proses penataan karena hanya membutuhkan satu hari saja. Namun sebaliknya tanpa RDTR target pembangunan memakan waktu kurang lebih satu bulan. "Termasuk untuk dukungan pariwisata."

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat