visitaaponce.com

Gempa di Kupang Terasa Hingga ke Maumere, Larantuka, dan Lembata

Gempa di Kupang Terasa Hingga ke Maumere, Larantuka, dan Lembata
Titik gempa yang melanda Kupang(Dok BMKG)

GEMPA bumi yang mengguncang Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (2/11) pagi, dirasakan hingga ke Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.

“Getarannya sampai ke sini dan cukup kuat, dengan durasi sekitar 40 detik” ujar Kristianus  Langga, 46, warga Pulau Palue, Kabupaten Sikka 

Dikatakannya, warga berhamburan keluar rumah, karena khawatir guncangan gempa semakin kuat pada pukul 22:00 Wita dan gempa kembali terjadi pada pukul 04: 00 Wita. 

Baca juga: Gempa Masih Mengguncang Ribuan Kali di Puncak Merapi

Menurut Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat 24 km Tenggara Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

Lokasi itu tepatnya berada di 10.34 Lintang Selatan, 123.76 Bujur Timur di kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pada pukul 04.04 WIB. 

Getaran gempa terasa kuat di Kupang dengan skala V (MMI), kemudian di Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan skala IV-V (MMI), Rote III (MMI), Waingapu skala III (MMI).

Baca juga: Warga Demak Dikejutkan Gempa Bumi berkekuatan Magnitudo 3,4

"Dirasakan (MMI) III Alor, II Larantuka, II Lembata," tulis BMKG. Belum diketahui adanya korban maupun kerusakan akibat gempa tersebut.

Akibat kejadian itu, warga merasa panik. Meski begitu, warga diminta agar tetap waspada, karena dikhawatirkan akan terjadi gempa susulan. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat