visitaaponce.com

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Kota Kupang, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Kota Kupang, Tidak Berpotensi Tsunami
Kupang, NTT kembali diguncang gempa bermagnitudo 5,1 dan tidak berpotensi tsunami.(Dok.MI)

KOTA Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa dengan magnitudo 5,1 pada Kamis (28/12/ pukul 02.52 Wita, tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi tersebut mengagetkan warga yang sebagian besar sedang tertidur pulas. Guncangan gempa berlangsung beberapa detik.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono mengatakan, episenter gempa terletak di darat pada koordinat 10,32° LS, 123,78° BT, sekitar 24 kilometer arah tenggara Kupang pada kedalaman 34 kilometer.
 
Baca juga: Getaran Gempa Kupang Dirasakan Hingga Pulau Rote

Margiono mengatakan, gempa terjadi akibat adanya aktivitas sesar lokal dan merupakan gempa dangkal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Adapun getaran gempa dirasakan dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Sampai pukul 06.00 Wita tidak ada laporan gempa susulan dari BMKG.

Baca juga: Gempa Tektonik Magnitudo 5,4 di Kupang, NTT, Tidak Berpotensi Tsunami

Dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya yang berkaitan dengan gempa tersebut.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah, " ujarnya.

Sehari sebelumnya, wilayah Kabupaten Malaka diguncang dua kali gempa dangkal masing-masing dengan magnitudo 4,4 dan 4,0 pada kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat