visitaaponce.com

Ribuan Warga Binaan Lapas Jatim Salurkan Hak Suara Pemilu 2024

Ribuan Warga Binaan Lapas Jatim Salurkan Hak Suara Pemilu 2024
Ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan Jatim Salurkan Hak Suara Pemilu 2024.(Dok. MI)

SEBANYAK 26.021 warga binaan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Jawa Timur (Jatim) menyalurkan suaranya di momen pemungutan suara Pemilu 2024 ini.

Untuk mengoptimalkan pemenuhan hak pilih warga binaan, Kanwil Kemenkumham Jatim bersinergi dan berkolaborasi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sekitar 39 lapas/ rutan yang ada.

"Kami berupaya mengoptimalkan pemenuhan hak pilih dari warga binaan kami yang belum masuk dalam DPT yang ditetapkan oleh KPU," kata Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono pada Rabu, (14/2).

Baca juga : Jelang Pemilu, Lapas di NTT siapkan 16 TPS Khusus untuk Warga Binaan

Langkah strategis yang diambil Kanwil Kemenkumham Jatim, salah satunya menjalin komunikasi dengan KPPS yang bertugas di TPS sekitar lapas. Sehingga ada sebagian warga binaan yang belum masuk dalam daftar pemilih di TPS khusus lapas/ rutan, akan dapat menyalurkan hak pilihnya di TPS luar.

"Kami telah menyepakati mekanisme pemenuhan hak suara dengan petugas KPPS yang ada di luar area lapas/ rutan," kata Heni.

Mantan sekretaris Ditjen Pemasyarakatan itu mengatakan, warga binaan yang belum masuk ke daftar pemilih akan dijadwalkan menjadi pemilih di TPS di luar lapas/ rutan. Petugas KPPS dari luar akan masuk ke lapas/ rutan sekitar pukul 12.00 hingga 13.00 WIB.  

Baca juga : Capres Anies Baswedan Siap Mencoblos

"Sehingga diharapkan pemenuhan hak pilih untuk warga binaan bisa lebih optimal lagi," kata Heni.

Heni menjelaskan, bahwa data per 13 Februari 2024 atau H-1 pemungutan suara, jumlah pemilih di 102 TPS Khusus lapas/ rutan di Jatim adalah 26.021 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 23.463 dijadwalkan akan menyalurkan hak pilihnya di TPS Khusus lapas/ rutan. 

"Sedangkan sekitar 2.558 orang diagendakan akan menyalurkan suaranya di TPS sekitar lapas/ rutan," urai Heni.

Baca juga : Sri Sultan HB X Nyoblos di TPS 12 Panembahan Dekat Keraton Yogyakarta

Saat ini, jumlah seluruh warga binaan di Jatim mencapai 27.420 orang. Adanya warga binaan yang tidak masuk daftar pemilih dikarenakan beberapa penyebab. 

Diantaranya karena pihak lapas maupun dispendukcapil tidak menemukan NIK warga binaan. Kedua adalah karena ketika ada tahanan di ruang tahanan kepolisian, tetapi belum didaftarkan menjadi DPT. 

"Selain itu adanya mutasi/ pemindahan tahanan/narapidana yg dipindahkan ke Lapas/ Rutan setelah penetapan DPT (H-7) sehingga tidak bisa di daftarkan ke DPTb," jelasnya.

Baca juga : Pemilih Diminta Pelototi TPS dan Hasil Penghitungan Pemilu 2024, Cegah Kecurangan

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat