visitaaponce.com

Partisipasi Politik di Purbalingga dalam Pemilu 2024 Diperkirakan Mencapai 80

Partisipasi Politik di Purbalingga dalam Pemilu 2024 Diperkirakan Mencapai 80%
Ilustrasi.(MI/M TAUFAN SP BUSTAN)

KPU Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) memperkirakan partisipasi politik di kabupaten setempat mencapai sekitar 80%

Komisioner KPU Purbalingga Widyo Wibowo mengatakan bahwa berdasarkan laporan-laporan dari lapangan, ternyata warga antusias mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

"Tingkat partisipasi masyarakat Purbalingga di Pemilu 2024 termasuk lumayan tinggi. Kami belum memastikan secara detail. Tapi angka kasarnya tingkat partisipasi masyarakat di atas 80 persen," jelasnya pada Kamis (15/2).

Baca juga : Banjir Demak, Petugas TPS Pemilu 2024 Jadi Relawan

"Secara umum mereka sudah paham dan tidak mengalami kebingungan saat melaksanakan pencoblosan di lima surat suara tersebut," sambung Widyo.

Sementara itu proses penghitungan suara berlangsung di sejumlah TPS hingga Kamis dini hari.

Widyo mengatakan mengacu Ketentuan di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara dalam Pemilihan Umum, dalam Pasal 25 Ayat (2), proses penghitungan suara dapat dengan berurutan.

Baca juga : Di Sirekap, Pemilih Prabowo-Gibran di TPS Purbalingga Bertambah 800

Mulai dari penghitungan suara untuk surat suara pilpres, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota.

Sementara, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan pesta demokrasi di Kabupaten Purbalingga bisa dijadikan contoh pesta demokrasi yang berintegritas, bermartabat dan menjadi pesta demokrasi yang memberikan keleluasaan kepada seluruh warga masyarakat untuk menentukan pilihannya masing-masing.

"Dari pemantauan yang kami lakukan, semua proses pemungutan suara berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, dan dengan tingkat partisipasi di beberapa desa yang saya lihat juga antusias dan cukup tinggi,"katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat