visitaaponce.com

Wapres Sebut Pemberantasan Korupsi Harus Terintegrasi

Wapres Sebut Pemberantasan Korupsi Harus Terintegrasi
Wapres Ma'ruf Amin(ANTARA FOTO/Feny S)

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin tidak sepakat dengan pernyataan pemberantasan korupsi hanya menekankan unsur pendidikan dan pencegahan. Baginya pemberantasan korupsi harus dilakukan secara menyeluruh termasuk memasukkan unsur penindakan.

“(Pemberantasan korupsi dilakukan) secara menyeluruh. Ini yang dilakukan di dunia, di manapun,” kata Ma’ruf usai Anugerah Revolusi Mental 2022 di Jakarta, Rabu (21/12).

Menurut Ma’ruf, KPK pada tupoksi juga menggunakan trisula dalam pemberantasan korupsi yaitu pendidikan, pencegahan, dan penindakan. Menurut Ma’ruf, ketiga pendekatan ini sangat berkorelasi.

“Jadi kalau pencegahan dan pendidikan ini sudah berhasil mungkin penindakan itu bisa tidak ada, minim,” jelasnya.

Baca juga: KPK duga Hakim Yustisial MA Edy Wibowo terima suap Rp3,7 miliar

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menambahkan pemerintah berusaha terus memperkuat upaya membangun mental kejujuran dan integritas untuk meminimalisir korupsi. Dirinya mengakui bahwa penindakan terhadap kasus korupsi dikurangi.

“Tapi itu akan terjadi dengan sangat baik kalau dari sisi pendidikan dan penyadaran untuk mengubah mental korupnya para pejabat-pejabat itu,” ujarnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat