visitaaponce.com

Firli Bahuri Membawa KPK di Titik Nadir pada 2023

Firli Bahuri Membawa KPK di Titik Nadir pada 2023
Kasus yang menjerat Firli Bahuri membawa KPK ke titik nadir pada 2023, di mana tidak ada kasus high level profile yang ditangani.(MI/Adam Dwi)

KASUS pelanggaran etik dan dugaan penerimaan gratifikasi, suap, serta pemerasan yang menjerat mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dinilai titik nadir bagi Lembaga Antirasuah. Skandal tersebut menjadi yang terburuk sejak KPK dibentuk.

“KPK mengalami kemunduran signifikan dengan skandal yang menimpa pimpinan. Tidak adanya kasus high level profile yang ditangani KPK pada tahun 2023,” kata Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha melalui keterangan tertulis, Senin (1/1/2024).

Skandal Firli mengidentifikasikan adanya permainan kotor di dalam Lembaga Antirasuah itu. IM57+ Institute menilai kongkalikong yang terjadi itu menjadi penyebab KPK tidak pernah menangani kasus kelas kakap selama 2023.

Baca juga: KPK Harap Pemerintah dan DPR Segera Cari Pengganti Firli Bahuri dan Ketua Baru

Satu-satunya kasus di tingkat menteri yang ditangani KPK dibarengi dengan skandal penerimaan gratifikasi, suap, dan pemerasan. Prestasi itu seharusnya besar, namun ada cacat hitam di dalamnya.

“Adapun kasus yang menyeret menteri malah terdapat cacat hitam di mana Ketua KPK diduga melakukan pemerasan,” ujar Praswad.

Baca juga: Firli Bahuri Diprediksi Tak akan Ditahan sampai Pemilu 2024 Selesai

Titik nadir KPK juga dinilai karena tidak adanya gebrakan dalam kinerja divisi pencegahan. Malah, kata Praswad, skandal Firli lebih menonjol ketimbang upaya pemberantasan korupsi yang paling dibanggakan oleh Lembaga Antikroupsi itu.

“Saat ini tidak ada program pencegahan yang menggebrak. Sedangkan, disisi lain, berbagai skandaI menyertai KPK secara bertubi-tubi. Sebagai contoh, Pimpinan KPK ditetapkan sebagai tersangka karena kasus pemerasan,” tutur Praswad. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat