visitaaponce.com

Ketua KPU Ingatkan Petugas KPPS Jaga Ucapan dan Tindakan Selama Pemilu 2024

Ketua KPU Ingatkan Petugas KPPS Jaga Ucapan dan Tindakan Selama Pemilu 2024
Ilustrasi(MI)

PETUGAS Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang telah dilantik diingatkan untuk menjaga ucapan dan tindakan selama tahapan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari berkaca dari kasus anggota KPPS di Pangandaran, Jawa Barat, yang videonya viral karena mengacungkan salam dua jari sambil menyebut nama calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Menurut Hasyim, kejadian yang menimpa anggota KPPS di Pangandaran itu termasuk dalam kategori pelanggaran kode etik. Padahal, ketika masuk sebagai elemen penyelenggara pemilu, perilaku mereka harus dijaga.

Baca juga : Pendaftaran Petugas KPPS Dibuka pada 11 Desember

"Jangan sampai kemudian dipersepsikan apa yang kita lakukan, baik itu tindakan maupun ucapan, ada kecendeerungan memihak kepada peserta pemilu tertentu," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1).

Viral Video KPPS Salam Dua Jari Sebut Nama Prabowo 

Sebelumnya, viral video di media sosial Facebook yang diunggah akun bernama Helmy Ocess. Video berdurasi 17 detik itu menimbulkan polemik karena Helmy yang sudah dilantik menjadi anggota KPPS melayangkan salam dua jari sambil menyebut nama Prabowo.

Hasyim juga merespon fenomena masyarakat yang bangga setelah dilantik menjadi anggota KPPS untuk Pemilu 2024. Fenomena itu tampak dalam unggahan media sosial belakangan ini. Menurut Hasyim, kebanggaan anggoa KPPS itu sejalan dengan ungkapan publik yang bangga pula dengan berjalannya Pemilu 2024.

Baca juga : Sah! KPU Tetapkan Nomor Urut Pasangan Capres-Cawapres, Anies-Muhaimin Nomor 1

"Pemilu harus membahagiakan dan harus gembira itu mungkin salah satu ekspresi teman-teman di KPPS," ujarnya.(Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat