visitaaponce.com

Belanda Vs Skotlandia Pemanasan Jelang Euro 2024

Belanda Vs Skotlandia: Pemanasan Jelang Euro 2024
Pelatih kepala Belanda Ronald Koeman mengontrol bola pada sebuah pertandingan Grup B UEFA Euro 2024(AFP)

TIMNAS Belanda menyambut timnas Skotlandia di Johan Cruijff Arena untuk pertandingan persahabatan internasional pada Sabtu (23/3) dini hari. Ajang tersebut dijadikan pemanasan kedua tim menatap Euro 2024 yang tinggal tiga bulan lagi.

Kedua negara berhadapan untuk pertama kalinya sejak Juni 2021. Saat itu Belanda vs Skotlandia bermain imbang 2-2 di Estadio Algarve, Portugal.

Pelatih Belanda Ronald Koeman mengakhiri tahun ini dengan catatan positif dengan lima kemenangan dari enam pertandingan untuk lolos ke Euro 2024. Dia memupus catatan negatif di awal jabatan keduanya itu lantaran sempat mencatatkan kekalahan tiga kali dari empat pertandingan pertamanya.

Baca juga : Perubahan Taktik Ronald Koeman Bawa Belanda Unggul atas Irlandia

Tim Oranje mengumpulkan 18 poin dari delapan pertandingan Grup B pada kualifikasi Euro namun harus puas berada di peringkat kedua di belakang juara grup Prancis yang mengalahkan mereka baik kandang maupun tandang dengan skor agregat 6-1.

Belanda meski berada di peringkat keenam FIFA dalam beberapa tahun kerap kesulitan bertemu tim-tim besar. Menjadi pekerjaan rumah bagi Koeman di pentas Eropa nanti untuk memperbaiki timnya. Pasalnya, di babak grup Euro nanti mereka akan kembali bertemu Prancis.

Belanda punya catatan apik dalam lima pertemuan terakhir mereka ketika berjumpa Skotlandia tak terkalahkan. Namun, rekor pertandingan persahabatan mereka baru-baru ini tidak terlalu memuaskan karena mereka hanya menang empat kali dari 12 pertemuan terakhir.

Baca juga : Kalahkan Belanda, Prancis Dipastikan Lolos ke Piala Eropa 2024

Sementara itu, Skotlandia bertandang ke Amsterdam setelah lima pertandingan berturut-turut tanpa kemenangan di semua kompetisi. Mereka bermain imbang dalam dua pertandingan terakhir pada melawan Georgia 2-2 dan Norwegia 3-3 di kualifikasi Euro 2024.

Tartan Army, julukan Skotlandia, perlu mempersiapkan tin dengan matang karena di Grup A Euro 2024 mereka akan menghadapi Spanyol, Hongaria, dan Swiss. Skotlandia tak ingin hanya menjadi tim penghibur setelah lolos ke Euro untuk pertama kalinya sejak 1996.

Sang pelatih Steve Clarke sangat ingin melihat timnya menunjukkan performa terbaik dalam empat pertandingan persahabatan ke depan. Clarke perlu mengatasi kesulitan karena dalam beberapa tahun terakhir hanya memenangi tiga dari 10 pertandingan tandang internasional.

Baca juga : Belanda Bungkam Tuan Rumah Irlandia dengan Skor 2-1

Belanda tidak akan diperkuat bek tengah Tottenham Hotspur Micky van de Ven yang sedang menjalani pemulihan dari cedera hamstring. Frenkie de Jong, Brian Brobbey, dan Steven Berghuis juga absen karena cedera. Striker bintang Bologna, Joshua Zirkzee, juga absen.

"Pintu menuju Euro terbuka lebar. Kami bermaksud memasukkannya (Zirkzee) ke dalam praseleksi. Dia berkembang dengan baik. Itu menempatkan Anda melawan pemain lain yang bisa bermain di posisi striker," kata Koeman.

Salah satu poin pembicaraan utama dalam skuad Belanda ialah masuknya Georginio Wijnaldum. Koeman mengonfirmasi eks pemain Liverpool yang kini merumput di Liga Arab Saudi itu akan ambil bagian.

"Dia akan memainkan bagian dari kedua pertandingan. Apakah ada satu atau dua atau keseluruhan pertandingan, kami belum menyelesaikannya. Beberapa pemain pergi dengan kualitas yang lebih dari biasanya. Kompetisi tertentu benar-benar bertaraf Eropa," ucap Koeman. (Voetbal International/Sports Mole/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat