visitaaponce.com

Adopsi Kripto Oleh Wanita Terus Meningkat, Bawa Perspektif Baru dalam Investasi Aset Digital

Adopsi Kripto Oleh Wanita Terus Meningkat, Bawa Perspektif Baru dalam Investasi Aset Digital
Managing Director Bitget Gracy Chen(Dok. Bitget)

SEBUAH laporan global yang diterbitkan oleh Deloitte pada 2021 menemukan bahwa perempuan hanya terdiri dari 21% anggota dewan di perusahaan keuangan; 19% berada di posisi C-suite, dan hanya 5% yang mengisi posisi CEO.

Industri mata uang kripto tidak jauh berbeda, karena terkait erat dengan industri keuangan.

Laporan Juli 2022 yang diterbitkan oleh Morning Consult menunjukkan, meskipun kepemilikan kripto pada paruh kedua 2021 melonjak, sebagian besar holder kripto di Amerika Serikat tetap laki-laki, dengan hanya 28% perempuan yang memiliki mata uang kripto.

Baca juga : Gedung Bursa Kripto Pertama di Dunia, CFX Tower, Diresmikan di Jakarta

Gracy Chen, Direktur Pelaksana Bitget, Platform perdagangan aset kripto, mencatat lebih dari 95% pendiri kripto dan 90% mitra dana kripto adalah laki-laki. 

"Wanita yang memasuki industri investasi kripto mungkin menghadapi beberapa tantangan. Salah satu tantangan yang umum terjadi adalah kurangnya representasi dan kesempatan untuk menjadi mentor, sehingga menyulitkan perempuan untuk menavigasi dan berhasil di bidang yang didominasi oleh laki-laki,” katanya.

Meski demikian, menurut data yang diterbitkan oleh survei Retail Investor Beat eToro pada awal tahun 2023, adaptasi kripto di kalangan wanita melonjak dari 29% pada kuartal ketiga tahun 2022 menjadi 34% pada kuartal keempat di tahun yang sama.

Baca juga : Gandeng Konakami, Perusahaan Kecantikan Bibi Tawarkan Hadiah Kripto

Chen mengakui dengan semakin banyaknya wanita yang terlibat dalam industri investasi kripto, maka semakin positif pula industri ini.

Menurutnya, ada pengakuan yang semakin besar terhadap nilai yang dibawa oleh perempuan, yang telah menghasilkan pendekatan yang lebih kolaboratif dan seimbang dalam pengambilan keputusan.

"Perempuan cenderung memiliki strategi dan pendekatan investasi yang berbeda, yang sering kali berfokus pada keberlanjutan jangka panjang dan manajemen risiko. Keragaman perspektif ini memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas industri secara keseluruhan,” jelasnya.

Baca juga : Platform PINTU Gelar BUIDLRS Lounge dan Bahas Aset Kripto Ethereum

Selain itu, dengan semakin banyaknya wanita yang memasuki dunia kripto, semakin banyak pula posisi senior yang terbuka untuk mereka. 

Ketika perempuan memasuki peran-peran utama tersebut, mereka terus membawa perspektif yang lebih beragam dalam proses pengambilan keputusan dan dapat memimpin perusahaan-perusahaan penting menuju strategi perusahaan yang lebih inklusif.

Chen menambahkan. ia terus melihat wanita mengambil peran dalam industri mata uang kripto lebih dari sekadar investasi, termasuk pengembangan blockchain, penelitian, dan kewirausahaan.

Baca juga : IC Academy Berikan Pemahaman seputar Teknologi Kripto

Peningkatan partisipasi itu memiliki dampak positif pada industri secara keseluruhan dengan membawa perspektif yang beragam dan ide-ide inovatif serta mendorong pengembangan solusi blockchain yang lebih inklusif dan ramah pengguna.

"Bitget sangat mendukung perempuan dalam kepemimpinan dan pertumbuhan kesempatan yang setara. Tim manajemen kami terdiri dari 40% wanita, dan (selain saya sebagai managing director) CPO, COO Bitget Wallet, dan CEO dari kedua tim adalah wanita,” ujarnya.

Keragaman gender di tempat kerja juga membawa beragam perspektif, pengalaman, dan pendekatan pemecahan masalah. Dalam situasi apa pun, tim yang beragam mendorong kreativitas, inovasi, dan pengambilan keputusan yang lebih komprehensif, yang menjadikannya penting bagi perusahaan untuk lebih terbuka dalam mendiversifikasi kelompok karyawan mereka.

Baca juga : Dukung Evolusi Industri Kripto, Tokcorypto Komitmen Dorong Ekonomi Digital

Chen mengungkapkan, penelitian telah menunjukkan bahwa tim yang lebih beragam cenderung lebih inovatif dan berkinerja lebih baik.

"Dengan mempekerjakan lebih banyak perempuan, industri ini dapat memanfaatkan pool talenta yang lebih luas dan mendapatkan benefit dari keahlian dan kekuatan unik yang dimiliki perempuan,” ucapnya.

Industri blockchain dan kripto telah memicu gelombang inovasi baru yang dapat merevolusi kewirausahaan dan inovasi, mendorong lebih banyak perempuan untuk keluar dari zona nyaman dan mengerjakan proyek-proyek baru.

Baca juga : Pacu Bisnis, Upbit Indonesia Umumkan Chief Operating Officer (COO) Baru

Chen menekankan, para wirausahawan perempuan memasuki dunia bisnis untuk menciptakan startup dan bisnis inovatif yang dapat menawarkan peluang baru untuk penggalangan dana, finansial terdesentralisasi (DeFi), manajemen chain suplai, dan banyak lagi.

Salah satu contoh yang paling menonjol dan dipimpin oleh wanita dalam industri kripto adalah koleksi non-fungible token (NFT)-World of Women sebuah komunitas yang bertujuan untuk membangun Web3 yang inklusif, memberdayakan tidak hanya perempuan dalam ruang aset digital tetapi juga seniman perempuan.

Chen mengungkapkan, wanita menggunakan alat DeFi untuk mendisrupsi industri tradisional, menciptakan sistem yang lebih efisien, dan memberdayakan individu melalui inklusi keuangan. Kontribusi mereka mendorong pertumbuhan dan adopsi teknologi blockchain.

Baca juga : Proyeksi Pasar Kripto 2024 Positif, Upbit Sebutkan Faktor Pendukungnya

Secara keseluruhan, gelombang kripto telah berhasil menyediakan lapangan bermain yang setara, mendorong proyek-proyek yang beragam dan dipimpin oleh perempuan, serta mendorong kemandirian ekonomi dan berkontribusi pada lanskap kewirausahaan yang lebih inklusif dan dinamis.

Menurut Chen, inisiatif dan program yang mendorong lebih banyak wanita untuk memasuki dunia investasi kripto sangatlah penting. Institusi dan organisasi edukasi dapat memainkan peran penting dalam hal ini dengan menyediakan pelatihan, bimbingan, dan peluang jaringan yang dirancang khusus untuk perempuan.

"Selain itu, menyoroti wanita yang sukses di bidang ini dan berbagi kisah mereka dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk mengejar karir dalam investasi kripto,” tuturnya,

Penting juga bagi industri mata uang kripto untuk mengembangkan kebijakan yang mempromosikan keragaman, mencegah diskriminasi, dan menyediakan lapangan yang setara bagi semua peserta yang ingin memasuki industri mata uang kripto.

"Kejelasan regulasi dan kerangka kerja yang mendukung dapat mendorong lebih banyak perempuan untuk memasuki industri ini dengan mengurangi ketidakpastian dan menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi dan pertumbuhan. Saya melihat masa depan yang cerah bagi wanita di industri investasi kripto,” tegas wanita yang dinobatkan sebagai Global Shaper oleh World Economic Forum itu. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat