visitaaponce.com

Menteri Koperasi UKM Komitmen Perkuat Penyaluran KUR Klaster

Menteri Koperasi UKM Komitmen Perkuat Penyaluran KUR Klaster
Ilustrasi -- Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)(Dok MI )

Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki berkomitmen untuk terus meningkatkan rasio penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbasis klaster.

Upaya tersebut harus dilakukan demi memperbesar bisnis yang dijalani para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. "KUR klaster harus didorong karena banyak positifnya," ujar Teten saat Penyerahan KUR Klaster di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12).

Ia menjabarkan beberapa manfaat yang bisa diperoleh penerima KUR klaster adalah peluang untuk bermitra dengan perusahaan-perusahaan besar.

Dengan bergerak secara berklaster atau berkelompok, mereka dianggap memiliki kinerja yang lebih efektif dengan skala usaha yang juga lebih besar.

Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan bagi korporasi besar untuk bekerja sama.

"Dengan demikian, mereka akan terintegrasi dari hulu ke hilir, terhubung dengan offtaker sehingga pasarnya terjamin. Potensi kredit macet pun semakin berkurang. Ini juga baik bagi penilaian perbankan," tutur Teten.

Saat ini, dari total anggaran KUR yang disiapkan sebesar Rp373 triliun, distribusi untuk skema klaster baru Rp4,8 triliun yang ditujukan kepada 1,39 juta debitur. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat