visitaaponce.com

Susah Bangun Pagi Ini Penyebabdan Cara Mengatasinya

Susah Bangun Pagi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi bangun tidur(Freepik.com)

APAKAH Anda termasuk sering kesulitan bangun di pagi hari? Itu bisa jadi Anda mengidap Dysania. Kondisi ini tidaklah sama dengan rasa kantuk biasa, misalnya karena tidur terlalu larut. 

Orang yang mengidap dysania akan sangat sulit untuk bangkit dari tempat tidur di pagi hari, meski sudah tidur nyenyak dan cukup. Secara medis, dysania mungkin lebih populer dengan sebutan inersia tidur atau kelelahan. 

Meskipun bukan diagnosis medis resmi, dysania terkait dengan kondisi kesehatan yang signifikan. Jadi, penting untuk mengetahui apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca juga : Kapan Amandel Membesar Perlu Dioperasi?

Penyebab Susah Bangun Pagi

1. Parasomnia 

Parasomnia adalah gangguan tidur yang melibatkan peristiwa atau pengalaman fisik yang mengganggu tidur seseorang. 

Baca juga : Picu Insomnia, Hati-Hati dengan Kebiasaan Makan Ini

Orang yang mengalami parasomnia dapat berjalan sambil tidur, mengigau, dan mimpi buruk hingga berteriak-teriak. 

2. Sleep apnea 

Sleep apnea adalah kelainan yang merupakan bagian dari sleep disorder breathing syndrome yang kompleks. 

Baca juga : Ayat Kursi dan Terjemahannya, Baca Setiap Hari sebelum Tidur

Gangguan ini yang menyebabkan pernapasan berhenti sementara saat kondisi tidur.

3. Kekurangan waktu tidur 

Orang dewasa dikatakan memiliki waktu tidur yang cukup apabila terlelap selama 7-8 jam. Namun, sebagian memilih begadang, sehingga tidak mendapat waktu tidur yang cukup dan berkualitas. 

Baca juga : Doa Sholat Tahajud Dan Artinya Beserta Latin

4. Stres dan gangguan cemas 

Kondisi psikis ini membuat seseorang susah memejamkan mata atau tidak bisa tidur dengan nyenyak. 

5. Depresi 

Baca juga : Ayat Kursi dan Terjemahannya, Baca ini Setiap Hari Sebelum Tidur

Orang yang mengalami depresi dapat merasakan kantuk luar biasa pada siang hari dan insomnia. Kondisi ini membuat kejiwaan bisa semakin terganggu. 

6. Gangguan tidur ritme sirkadian 

Saat ritme sirkadian terganggu, kita akan mengalami gangguan tidur yang serius. Hal ini bisa dipicu karena kerja shift yang membuat waktu tidur dan bangun menjadi tidak teratur. 

Baca juga : Waktu Makan Malam Penting Bagi Pasien Diabetes untuk Cegah Gangguan Tidur

7. Penggunaan obat 

Beberapa obat memiliki efek samping yang menyebabkan seseorang tidur lebih lama atau sulit memejamkan mata sehingga sulit bangun pagi. Contoh obat yang bisa mengakibatkan susah bangun pagi yaitu beta blocker, pereda nyeri dan kaku otot, hingga antidepresan.

8. Sakit kronis 

Baca juga : Ini Empat Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Anak Sakit

Penderita penyakit kronis sering sulit untuk tidur nyenyak dan cenderung susah bangun lebih awal. Penyebab susah bangun pagi umumnya disebabkan karena waktu tidur yang buruk atau tidak berkualitas. 

Karena itu, orang yang terus menerus mengalami susah tidur sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara mengatasi kondisinya, misalnya dengan menjalani terapi atau obat-obatan medis tertentu. 

9. Duka

Baca juga : Kapan Saat yang Tepat untuk Lakukan Self Care untuk Cegah Stres?

Setiap orang orang beradaptasi dengan kehilangan dengan cara yang berbeda. Bagi sebagian orang, masa-masa tepat setelah kehilangan seseorang yang berharga sering menyebabkan efek emosional seperti kesedihan yang mendalam, kemarahan, kecemasan, dan rasa bersalah. 

Selain itu, ada juga efek fisik seperti masalah jantung, perubahan sistem kekebalan, dan gangguan tidur, yang berujung pada dysania. Jika Anda merasa memiliki gangguan terkait kesedihan, bicarakan dengan ahli kesehatan mental.

10. Gangguan Tiroid

Baca juga : Aubry Beer Rutin Baca Buku Sebelum Tidur Bersama Anak

Kondisi tiroid seperti hipotiroidisme dan penyakit Hashimoto dapat menyebabkan dysania dan perasaan lelah terus-menerus. Rasa lelah dapat berlanjut selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun jika kelainan tiroid tidak diobati.

Obat jantung tertentu, dan kondisi seperti gangguan bipolar, juga dapat mengganggu fungsi tiroid yang sehat. Beberapa perawatan kanker juga dapat menyebabkan hipotiroidisme.

Cara Mengatasi Susah Bangun Pagi

Setelah mengetahui penyebab susah bangun pagi yang Anda alami, sekarang saatnya untuk memperbaiki masalah tersebut dengan melakukan langkah-langkah untuk mengatasinya agar tidak berlangsung terus menerus. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi penyebab susah bangun pagi yang bisa dilakukan, yaitu:

Baca juga : Ini Posisi Tidur Terbaik saat Asam Lambung Naik, Bantu Kurangi Nyeri dan Sesak

Atur jadwal tidur Perbaiki ritme dan rutinitas waktu tidur Matikan tombol 'snooze' pada alarm Jaga konsumsi makanan Olahraga teratur Nikmati suasana siang hari Cari bantuan profesional Obati gangguan tidur yang mungkin Anda alami

1. Atur Jadwal Tidur

Penyebab susah bangun pagi yang paling umum adalah karena Anda tidak bisa mengatur jadwal tidur dengan baik. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari adalah suatu keharusan jika Anda ingin memiliki jadwal tidur yang baik dan melatih diri untuk bangun lebih awal.

Baca juga : Ingin Bahagia? Pastikan Waktu Tidur Mencukupi

Cari tahu berapa lama Anda perlu tidur, disarankan tujuh hingga sembilan jam per malam, dan usahakan untuk tidur cukup awal agar bangun dengan perasaan segar dan tidak lelah. Patuhi jadwal tidur tersebut setiap harinya, termasuk pada hari libur. Hal ini akan membuat tubuh pada akhirnya akan mulai terbiasa bangun secara alami.

2. Perbaiki Ritme dan Rutinitas Waktu Tidur

Ritme tidur yang berantakan juga merupakan penyebab susah bangun pagi yang umum. Minum kafein di sore hari dan menggunakan perangkat yang memancarkan cahaya biru sebelum tidur dapat mencegah Anda tertidur pada malam hari. 

Baca juga : Menstruasi Bisa Sebabkan Gangguan Tidur

Untuk meningkatkan rutinitas waktu tidur Anda, cobalah melakukan sesuatu yang menenangkan sebelum tidur seperti membaca atau mandi air hangat. Hindari aktivitas yang terbukti mengganggu ritme tidur sirkadian dan menyebabkan sulit tidur, seperti:

melihat layar laptop atau ponsel minum kafein enam jam sebelum tidur, tidur siang atau menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat tidur pada siang hari minum alkohol sebelum tidur

3. Matikan Tombol 'Snooze' Pada Alarm

Baca juga : Punya Mata Panda? Begini Cara Mengatasinya

Tanpa sadar, Anda pasti sering menekan tombol snooze pada alarm yang sudah disetel semalam sebelumnya. Hal ini ternyata juga menjadi penyebab susah bangun pagi yang harus Anda hilangkan. Tombol snooze mungkin menggoda, karena menawarkan tidur dalam beberapa menit sebelum mulai benar-benar bangun untuk beraktivitas. Tertidur kembali setelah bangun adalah fragmentasi tidur.

Menurut penelitian, fragmentasi tidur meningkatkan rasa kantuk dan pening di siang hari, menurunkan kinerja, dan membuat Anda merasa lesu. Jika terbiasa menekan tombol snooze, coba jauhkan alarm dari tempat tidur sehingga Anda harus benar-benar bangun untuk mematikannya, dan mencegah diri untuk tidur kembali walau hanya sebentar saja.

4. Jaga Konsumsi Makanan

Baca juga : Menengok SD Muhammadiyah 4 Sidoarjo, Ada Mata Pelajaran Tidur Siang

Makan makanan yang sehat dapat meningkatkan energi dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Di sisi lain, makanan yang umumnya dianggap tidak sehat bisa membuat Anda merasa lesu dan menguras energi. 

Anda dapat melakukan diet seimbang penuh makanan yang meningkatkan energi seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan makanan tinggi asam lemak omega-3 agar tidur lebih nyenyak di malam hari dan bangun lebih segar dan mudah di pagi hari.

5. Olahraga Teratur

Baca juga : Inilah Enam Tips untuk Dapatkan Tidur yang Lebih Berkualitas

Olahraga terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur dan menekan kondisi yang dapat menyebabkan insomnia serta rasa kantuk yang berlebihan pada pagi dan siang hari seperti kecemasan dan depresi. Melakukan olahraga secara teratur juga meningkatkan energi dengan mengurangi kelelahan, termasuk pada orang yang memiliki kondisi kelelahan kronis.

6. Nikmati Suasana Siang Hari

Salah satu penyebab susah bagun pagi yang lain adalah karena Anda tidak suka beraktivitas atau tidak menyukai suasana di siang hari. Padahal, siang hari membantu mengatur ritme tidur sirkadian Anda dan meningkatkan kualitas tidur. Jika Anda terkena sinar matahari di pagi hari, hal ini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan tingkat energi untuk menjalani hari.

Baca juga : Tidur Berkualitas Jadi Kebutuhan Penting, Uniland Sleep Luncurkan Inovasi LunaSoft FilpRest

Cobalah buka tirai jendela segera setelah bangun, minum kopi di luar, atau berjalan-jalan sebentar. Anda juga dapat mencoba tidur dengan kerai terbuka sehingga ketika bangun pagi, Anda akan langsung disinari dengan cahaya matahari yang kaya akan vitamin D.

7. Cari Bantuan Profesional

Jika Anda tetap kesulitan dan tidak bisa bangun di pagi hari setelah mencoba metode-metode yang telah disebutkan sebelumnya, atau Anda melihat dan merasakan sedang mengalami tanda gangguan tidur, makan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan nasihat profesional. Hal ini dapat membantu mendiagnosis gangguan tidur yang mungkin menjadi penyebab susahbangun pagi yang dialami.

Baca juga : Haaland Mengaku Tidur dengan Mulut Diselotip

8. Obati Gangguan Tidur

Jika didiagnosis dengan gangguan tidur, seperti insomnia kronis atau sindrom kaki gelisah (RLS), pengobatan dapat membantu Anda tidur dan bangun dengan lebih baik. Perawatan tergantung pada gangguan tidur tertentu dan di antaranya mungkin termasuk:

obat resep, seperti alat bantu tidur atau obat untuk RLS melatonin alat pernapasan untuk apnea tidur obstruktif terapi perilaku operasi untuk apnea tidur obstruktif. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat