visitaaponce.com

Sekolah Ilmu Lingkungan UI Buka Kelas Lansia Waspada Penyakit Degeneratif

Sekolah Ilmu Lingkungan UI Buka Kelas Lansia Waspada Penyakit Degeneratif
MMB Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesiaa (SIL UI) mengadakan kelas lansia dengan judul "Penyakit Degeneratif pada Lansia".(Ist)

PENINGKATAN jumlah penduduk lanjut usia (lansia) di Kota Depok, Jawa Barat, sebesar 182.820 jiwa (7,3% dari jumlah penduduk) memunculkan penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, jantung koroner, atherosclerosis, dan dementia. 

Peningkatan angka harapan hidup lansia Kecamatan Sukmajaya dari 76,7 tahun di Tahun 2021 menjadi 76,75 tahun di tahun 2022 juga berdampak pada penambahan jumlah populasi lansia yang pada akhirnya meningkatkan risiko gangguan kesehatan penyakit degeneratif. 

Masalah kesehatan ini menuntut penanganan cepat oleh semua pihak termasuk keluarga dan kader posyandu lansia.

Baca juga: Program Sosial Pembuatan Gigi Palsu Gratis untuk Lansia Diluncurkan

Salah satu organisasi peduli lansia adalah Alzheimer Chapter Depok yang bergerak dalam penanggulangan penyakit Alzheimer.

Organisasi ini memiliki beberapa relawan yang tersebar di 11 kecamatan Kota Depok (Sukmajaya, Beji, Pancoran Mas, Bojongsari, Cilodong, Cimanggis, Tapos, Cinere, Cipayung, Limo, dan Sawangan). 

Untuk meningkatkan pengetahuan para pengurus dan relawan Alzheimer Chapter Depok dilakukan kelas lansia dengan judul "Penyakit Degeneratif pada Lansia" oleh Program Studi Magister Manajemen Bencana Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (MMB SIL UI). 

Baca juga: Universitas Maranatha Adakan Pendampingan Kesehatan untuk Lansia

Kelas lansia yang terdiri dari 16 peserta dilaksanakan pada tanggal 7 September 2023 di rumah salah satu pengurus Alzheimer Chapter Depok di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.

Kegiatan kelas lansia dimulai dengan kata sambutan oleh pengurus Alzheiemer Chapter Depok dari Kecamatan Cimanggis Hj. Ida Fathimah. 

Selanjutnya materi diberikan oleh Dr. Fatmah, SKM, MSc yang melibatkan tiga mahasiswa MMB SIL UI yaitu dr. Setyani Nurul Chotimah, Darista Nadya Karissa, SKM, dan Ir. Fitriani. 

Kelas lansia diakhiri dengan kuis seputar CERDIK untuk mencegah dementia lansia yaitu cek kesehatan (gula darah, tekanan darah, kolesterol); enyahkan asap rokok; rajin berolahraga; istirahat cukup; dan kelola stres. 

Baca juga: Panasonic Gelar Lelang Elektronik di Hapropnas Fest Untuk Bantu Rumah Lansia

"Diharapkan pelaksanaan kelas lansia tentang penyakit degeneratif ini dapat menambah wawasan pengetahuan pengurus Alzheimer karena mereka sering berhadapan dengan lansia dementia yang juga penyandang penyakit degeneratif," ujar Fatimah, Minggu (10/9/2023) dalam keterangannya.

MMB SIL UI disebut Fatimah terus berupaya melakukan penanganan secara proaktif terhadap berbagai penyakit degeneratif yang kerap muncul.

"Bila tidak tertangani segera lambat laun penyakit degeneratif dapat menjadi ancaman munculnya bencana kesehatan masyarakat," pungkasnya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat