visitaaponce.com

Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh
freepik(freepik)

Doa untuk orang sakit dapat diamalkan ketika ada keluarga yang sedang sakit atau mengunjungi teman yang sedang sakit. Sebagaimana yang diketahui, bahwa sakit dan sehat adalah rezeki dari Allah SWT.

Mengapa sakit juga merupakan rezeki? Karena saat kita sakit dan menjalaninya dengan ikhlas, maka Allah akan menggugurkan dosa kita satu per satu. 

Meski begitu, sehat adalah nikmat yang paling mahal dan patut kita syukuri, sehingga ketika orang lain sedang sakit maka hal yang patut dilakukan adalah menjenguknya. Perilaku tersebut sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah kepada sahabatnya yang sedang sakit. 

Baca juga : 3 Doa Berhubungan Suami-Istri, Sebelum dan Sesudahnya

Menjenguk orang sakit itu sendiri adalah salah satu wujud empati. Seperti sabda Rasulullah SAW bahwa menjenguk orang sakit dan mendoakan kesembuhannya adalah perbuatan yang sangat mulia dan dirinya sendiri akan didoakan oleh para malaikat-malaikat. Lantas bagaimana lafal doa untuk orang sakit? Simak di bawah ini.

Doa untuk Orang Sakit

Saat sedang sakit, beberapa kenikmatan kita diambil oleh Allah SWT, salah satunya adalah nikmat makan. Tidak jarang orang yang sedang sakit mendadak tidak enak makan apapun, bahkan makanan favoritnya sekalipun. Oleh karena itu, mari doakan saudara yang sedang sakit dengan doa untuk orang sakit di bawah ini.

Baca juga : Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Zikir

Doa untuk Orang Sakit Untuk Keluarga

Ketika keluarga seperti suami, istri, bapak, ibu atau anak sedang dalam keadaan yang tidak sehat, maka kamu dapat melafalkan doa di bawah ini untuk memohon kesembuah dan dihilangkan rasa nyerinya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba'sa isyfi antas syafi la syafiya illa anta syifa'an la yughadiru saqaman.

Baca juga : 3 Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Beserta Tulisan Latin Lengkap

Artinya: Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikan kesembuhan karena Engkau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.

Doa untuk Orang Sakit Untuk Teman

Menjenguk teman yang sedang sakit juga dapat menjadi momen menjalin silaturahmi dan memberikan semangat kepada sahabat untuk cepat pulih dan sehat. Dengan begitu kamu akan mendapatkan dua kemuliaan yakni kemuliaan menjenguk saudara yang sedang sakit dan kemuliaan menjalin hubungan baik dengan sesama muslim.

Adapun doa yang dilafalkan ketika menjenguk teman sakit yaitu:

Baca juga : Doa Masuk WC Arab, Latin dan Artinya Beserta Adab

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allahummasyfi Sa'dan. Allahummasyfi Sa'dan. Allahummasyfi Sa'dan.

Artinya:  Ya Allah, sembuhkan.... (Sa'dan ini bisa kamu ganti dengan nama teman yang sakit).

Baca juga : Doa Sholat Tahajud Dan Artinya Beserta Latin

Doa untuk Orang Sakit Sesuai Contoh Rasulullah SAW

Suatu ketika, Rasulullah dikabarkan bahwa ada sahabatnya yang sedang tidak sehat, kemudian Rasul memutuskan untuk menjenguk Sesampainya di rumah sahabat kemudian beliau membaca doa untuk orang sakit di bawah ini sebanyak 7 kali. Adapun lafalnya yaitu:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Baca juga : Doa Masuk Rumah Latin dan Artinya, Serta Keutamaannya

As'alullahal azhima rabbal'arsyil'azhimi an yassfiyaka.

Artinya:  Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.

Doa Untuk Segala Macam Penyakit

Penyakit memiliki jenis yang teramat banyak, mulai dari penyakit-penyakit yang ringan seperti pegal-pegal hingga penyakit yang serius. Nah, berikut ini adalah doa untuk memohon kesembuhan dari berbagai penyakit. 

Baca juga : 5 Doa Sesudah Makan beserta Adab yang Dicontohkan Rasul

بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillaahil kabiiri na'uudzu billaahil'adhiim min syarri irqin na'aarin wa min syarri harrin naar.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Besar, aku berlindung dengan Allah dari keburukan otot-otot yang sobek dan dari panasnya api neraka.

Baca juga : Lima Doa sebelum Mencoblos Surat Suara di TPS

Doa untuk Orang Sakit yang Diamalkan Nabi Ayyub AS

Ingatkah kamu dengan Nabi Allah yang mendapatkan cobaan berupa sakit kulit yang teramat parah? Ya, Nabi Ayyub AS, sakit yang dideritanya membuat beliau ditinggalkan oleh saudara dan anaknya. Tanpa mengeluh, Nabi Ayyub AS menjalaninya dengan ikhlas dan selalu memanjatkan doa di bawah ini kepada Allah SAW.

رَبِّ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

"Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin."

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin, Arab dan Artinya

Artinya: "(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (QS. An-Anbiya:83).

Keutamaan Membaca Doa untuk Orang Sakit 

Membaca doa untuk orang sakit untuk memohon kesembuhan baik untuk diri sendiri maupun orang lain memiliki banyak keutamaan. Adapun keutamaan tersebut akan diperoleh bagi yang membaca doa maupun orang yang didoakan. Adapun beberapa keutamaan membaca doa untuk kesembuhan orang sakit yaitu:

1. Mendapatkan Kesembuhan Serta Perlindungan

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya, Amalkan Setiap Hari ini Manfaatnya

Jika kita tulus serta ikhlas membaca doa ketika sedang sakit, maka akan diberikan kesembuhan serta perlindungan oleh Allah yang Maha Penyayang. Allah-lah yang memberikan kita kesehatan lalu mendatangkan penyakit, maka Allah pula yang akan mencabut penyakit tersebut dan mendatangkan Kembali Kesehatan. 

2. Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran Untuk  Orang yang Sedang Sakit

Keutamaan selanjutnya ketika membaca doa untuk orang sakit adalah memberikan ketenangan hati serta memperkuat iman. Jika hati sudah tenang, maka pikiran serta beban perasaan yang dirasakan akan terasa lebih ringan. 

Baca juga : 7 Amalan menjelang Isra Miraj, Baca Al-Qur'an dan Perbanyak Doa

Dengan begitu, saudara yang sedang sakit dapat menjalankan pengobatan serta proses pemulihan dengan pikiran yang damai dan hati yang lapang. Diharapkan proses penyembuhan akan lebih cepat dan berjalan dengan lebih baik. 

3. Didoakan Oleh Para Malaikat

Jika seseorang dengan ikhlas mendoakan kerabatnya yang sedang sakit, maka dirinya sendiri kelak juga akan didoakan oleh ribuan malaikat untuk hal-hal baik dan rahmat dari Allah SWT. Hal-hal baik yang kamu panjatkan maka akan berbalik juga kepada kamu dan doa tersebut juga diaminkan oleh para malaikat untuk dikabulkan oleh Allah SWT. 

Baca juga : 5 Doa Setelah Sholat Subuh Lengkap dengan Dzikir dan Amalan Lainnya

4. Membuka Pintu Surga

Diantara jutaan manusia di muka bumi, hamba yang dicintai Allah adalah mereka yang berbuat baik kepada sesama untuk mendapatkan berkah serta ridho Allah SWT.

Bahkan sudah banyak disebutkan di dalam Al Quran bahwa segala amal baik yang dilakukan dengan ikhlas, termasuk di dalamnya mendoakan kerabat yang sakit akan membuat kamu dicintai Allah dan dibukakan pintu surga. 

Baca juga : Sambut Tahun Naga, Video Yeo's Ingatkan Pentingnya Keluarga

Nah jadi itulah beberapa keutamaan membaca doa untuk orang sakit baik untuk yang mendoakan serta untuk yang didoakan. Meski begitu, menjaga kesehatan badan tetaplah menjadi kewajiban bagi setiap orang. 

Amalan Agar Cepat Sembuh

Saat sedang sakit, pasti semua orang ingin segera melaluinya dan sembuh, bukan? Menurut islam, ada beberapa amalan yang dapat kamu lakukan supaya cepat sembuh, yaitu:

1. Berdoa Kepada Allah

Baca juga : 4 Doa Mandi Wajib, Beserta Tata Cara yang Benar Sesuai Sunnah

Amalan pertama yang dilakukan adalah berdoa memohon pertolongan serta perlindungan Allah SWT. Selain itu, berdoa termasuk salah satu ikhtiar kepada Allah, ada

banyak doa meminta kesembuhan yang diajarkan oleh para nabi dan Rasul, baik doa yang diamalkan ketika diri sendiri sedang sakit maupun ketika menjenguk orang sakit.

Berdoa juga sebagai bentuk keyakinan kepada Allah yang mempunyai kuasa untuk menghilangkan serta mencabut segala jenis penyakit. Sehingga orang yang sedang sakit dianjurkan untuk lebih banyak berdoa kepada Allah SWT memohon ampunan serta kesembuhan.

Baca juga : Penuhi ASI untuk Bayi, Seorang Ibu Perlu Dukungan Suami dan Keluarga

2. Melakukan Pengobatan

Bentuk ikhtiar yang kedua adalah melakukan pengobatan supaya cepat sembuh. Jika hanya berdoa dan tanpa adanya usaha pengobatan, maka suatu penyakit tidak akan sembuh begitu saja. Meskipun tubuh manusia memiliki imun alami, namun kamu tetap memerlukan pengobatan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Bentuk pengobatan tidak harus pergi ke rumah sakit, kamu dapat beristirahat dengan cukup, minum obat, olahraga ringan dan makan makanan yang bergizi. Ada cukup banyak cara yang dapat ditempuh untuk menunjang proses penyembuhan, tentu saja semuanya disesuaikan dengan kemampuan serta kondisi masing-masing.

Baca juga : Kumpulan Doa Hujan, Ada yang Diucapkan Langsung oleh Nabi Muhammad Saw

3. Sedekah

Selain berdoa dan berobat, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada umatnya untuk bersedekah ketika sakit. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW:

"Obatilah orang yang sedang mengalami sakit di antara kalian dengan cara bersedekah." (Hadis ini dianggap sebagai hadis hasan oleh Syeikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami' dan Shahih At-Targhib).

Baca juga : Doa Nisfu Sya'ban Lengkap dengan Arab, Latin, Arti, Serta Keutamaannya

Sehingga, bagi orang-orang yang berjuang dari segala macam penyakit dan berharap kesembuhan, maka hendaknya berikhtiar dengan bersedekah kepada yang membutuhkan. Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak sekali badan amal yang dapat membantu kamu dalam bersedekah tepat sasaran, baik online maupun offline.

4. Dzikir

Amalan agar cepat sembuh adalah dengan berdzikir kepada Allah SWT. Dengan dzikir, maka seorang muslim akan semakin dekat dan mengingat Allah meskipin sedang dalam keadaan sakit. Hati serta pikiran menjadi lebih tenang dan lebih ikhlas dalam menghadapi cobaan penyakit tersebut.

Baca juga : 3 Doa Berbuka Puasa yang Umum dan Boleh Dilafalkan oleh Umat Muslim, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Karena pada dasarnya segala penyakit datangnya dari Allah dan hanya Allah pula yang dapat menyembuhkannya melalui berbagai macam perantara. Sehingga ketika sudah berusaha berobat dan berikhtiar berdoa, maka saatnya kamu berdzikir dan berserah diri dengan ketetapan Allah.

Nah, jadi itulah beberapa macam doa untuk orang sakit yang bisa kamu amalkan ketika menjenguk saudara yang sakit dan memohon kesembuhannya kepada Allah SWT.

Berikut juga keutamaan memanjatkan doa bagi yang membaca maupun yang didoakan serta beberapa amalan yang dapat dilakukan ketika sakit. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat