visitaaponce.com

Ukraina-Rusia Saling Tuding Rencanakan Sabotase

Ukraina-Rusia Saling Tuding Rencanakan Sabotase
PLTN Zaporizhzhia.(AFP)

UKRAINA menuduh Rusia menanam bahan peledak di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia. Kini giliran Kremlin menilai Kyiv merencanakan sabotase fasilitas itu.

Kremlin pada Rabu (5/7) waktu setempat, memperingatkan bahwa Kyiv sedang mempersiapkan provokasi di Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia. PLTN itu menjadi titik nyala yang menjadi perhatian dalam konflik di Ukraina.

"Situasinya cukup tegang karena ancaman sabotase dari rezim Kyiv sangat tinggi. Sabotase yang bisa menimbulkan konsekuensi bencana," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Baca juga: Rudal Rusia di Lviv Tewaskan Empat Orang

Komentar itu muncul setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada rekannya dari Prancis Emmanuel Macron bahwa Rusia sedang merencanakan provokasi berbahaya di PLTN terbesar di Eropa itu.

Rusia dan Ukraina secara teratur saling menuduh membahayakan keselamatan orang-orang di PLTN sejak Kremlin meluncurkan permusuhan besar-besaran di Ukraina Februari lalu.

"Rezim Kyiv telah berulang kali menunjukkan kesiapannya untuk tidak mengesampingkan apa pun. Baru-baru ini, kami melihat ini selama ledakan pembangkit listrik tenaga air Kakhovskaya, juga dengan konsekuensi yang mengerikan," kata Peskov.

Baca juga: Rusia Tuduh Barat Dalangi Serangan Drone Ukraina

Kyiv dan sekutunya mengatakan pasukan Moskow bulan lalu menghancurkan bendungan Kakhovka yang dikuasai Rusia, membanjiri sebagian besar wilayah Kherson, menyebabkan puluhan orang tewas dan memaksa ribuan orang mengungsi.

"Semua tindakan sedang diambil untuk melawan ancaman seperti itu," kata Peskov, mengacu pada Zaporizhzhia.

Penasihat badan nuklir Rusia, Rosatom, Renat Karchaa, menuduh Kyiv awal pekan ini merencanakan serangan ke Zaporizhzhia. Badan energi nuklir internasional PBB (IAEA) telah mengerahkan tim ke fasilitas tersebut. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat