visitaaponce.com

TPA Pangandaran sudah Dibuka Lagi

TPA Pangandaran sudah Dibuka Lagi
Penanganan kebakaran di TPA Purbahayu, Pangandaran.(DOK/TAGANA PANGANDARAN)

PEMBUANGAN sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Purbahayu, Desa Purbahayu, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, sudah dilakukan. Sebelumnya, penutupan harus dilakukan, karena kebakaran di TPA itu tidak kunjung padam.

Pembukaan, menurut Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pangandaran Wagiso, karena warga mengeluhkan batuk dan infeksi saluran pernapasan atas akibat tumpukan sampah yang tidak terangkut. .

"Aktivitas di TPA Purbahayu sudah dibuka kembali hari ini. Pengangkutan sampah sudah dilakukan sambil penanganan kebakaran di lokasi. Dibukanya TPA bertujuan agar tidak terjadi penumpukan sampah di lingkungan warga," ujarnya, Senin (13/11).

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan warga sekitar TPA. Kebakaran dipastikan tidak akan menjalar ke tumpukan sampah baru. Selain itu, kepulan asap juga sudah terkendali dan tinggal pemadaman total.

Kebakaran di TPA Purbahayu, lanjut dia, dipastikan sudah aman. Petugas terus melakukan pendinginan.

Sementara itu, aktivitas pengangkutan sampah sudah mulai dilakukan di di sekitar pantai, ruas jalan, sekitar perhotelan dan rumah warga. Semua tumpukan sampah dipastikan akan terangkut.

"Selama ditutupnya aktivitas TPA Purbahayu telah menyebabkan warga sekitar menderita gangguan kesehatan, seperti batuk dan ISPA," tambah Wagiso.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pangandaran, Yadi Sukmayadi mengakui ada laporan warga yang mengeluh batuk, sesak napas dan pusing. Mereka sudah ditangani oleh tim dari puskesmas.

"Kami masih terus memantau situasi di sekitar TPA Purbahayu terutama warga setempat. Aktivitas warga pada siang hari tidak ada masalah, tapi malam hari sangat tidak sehat. Dinkes sudah membagikan masker untuk mencegah dampak asap," tambah Yadi. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat