visitaaponce.com

Ketua PWI Jawa Barat Minta Wartawan Berperan Mendukung Pemilu Damai

Ketua PWI Jawa Barat Minta Wartawan Berperan Mendukung Pemilu Damai
PWI Jawa Barat bersama TNI dan Polri berkomitmen mewujudkan Pemilu 2024 damai.(DOK/PWI JAWA BARAT)

JELANG Pemilu 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mengajak wartawan untuk mewujudkan Pemilu damai melalui sikap netral dan menjunjung tinggi marwah profesi wartawan. PWI juga mengajak wartawan memerangi penyebaran hoaks.

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengatakan, profesi wartawan sebagai pilar keempat demokrasi sangat berperan penting terutama dalam kelangsungan dan suksesnya proses demokrasi. Untuk itu, pada Pemilu 2024 wartawan diajak untuk mewujudkannya dengan menjaga sikap netral dan menjunjung tinggi marwah profesi wartawan.

“Wartawan memiliki peran penting terutama untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) damai 2024. Keberadaannya juga sangat dibutuhkan dalam menyampaikan kebenaran di tengah maraknya informasi hoaks yang saat ini sangat mudah diproduksi," tambahnya, Senin (20/11).

Hilman mengatakan, penyebaran informasi hoaks menimbulkan keresahan di masyarakat. Untuk itu, PWI Jawa Barat mengajak seluruh wartawan menyampaikan informasi yang sesuai dengan kode etik serta meluruskan informasi hoaks sehingga Pemilu Damai 2024 bisa terwujud.

"Kami mengingatkan para anggota untuk menjaga sikap netral dan Independen terutama pada Pemilu 2024 mendatang. Saya minta selama proses Pemilu wartawan harus selalu menjaga netralitas," ujarnya.

Di sisi lain, ia meminta pengurus PWI yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPRD, DPR RI dan DPD supaya mengundurkan diri dari kepengurusan, tanpa menghilangkan hak sebagai anggota PWI. (SG)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat