visitaaponce.com

Pelajar Kota Bandung Deklarasi Setop Pernikahan Dini

Pelajar Kota Bandung Deklarasi Setop Pernikahan Dini
Ribuan pelajar di Kota Bandung mendeklarasikan aksi setop pernikahan dini(DOK/HUMAS KOTA BANDUNG)

DINAS Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bersama
dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menggelar kegiatan yang bertajuk Deklarasi Stop Pernikahan Dini, Rabu (22/11). Kegitan ini dihadiri oleh 2.045 pelajar dari 122 sekolah se-Kota Bandung, yang terdiri dari 75 SMP Negeri, 20 SMP Swasta dan 27 SMA Negeri.

Kepala DPPKB Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan kesadaran untuk berkomitmen melindungi hak-hak anak demi mempersiapkan perencanaan berkeluarga yang matang dan berkualitas. Selain itu juga mencegah lahirnya generasi tengkes.

"Tujuan dari deklarasi ini, yaitu pertama memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik untuk perencanaan keluarga yang berkualitas," jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi pada peserta
didik untuk berkomitmen kepada kepentingan pribadi bangsa dan negara. Mereka berupaya mengurangi angka pernikahan dini untuk mencegah lahirnya generasi tengkes.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Bandung, Asep Saeful Gufron mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Deklarasi Pelajar ini. Dia bersyukur angka pernikahan dini di Kota Bandung masih terbilang kecil, jika dibandingkan dengan daerah lain.

"Semoga melalui DPPKB dan Dinas Pendidikan dapat terus melakukan
berbagai upaya untuk mencegah pernikahan dini di Kota Bandung, baik
melalui komunikasi, informasi dan edukasi dengan mendatangkan narasumber dari ahli," tambahnya.

Dengan adanya deklarasi ini, lanjut Gufron,  menunjukkan komitmen dan
upaya Kota Bandung untuk terus mencegah pernikahan dini. Jika pernikahan dini dapat dientaskan, maka stunting pun dipastikan bisa
berkurang. (SG)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat