visitaaponce.com

Kemantapan Jalan di Cianjur Diperkirakan Capai 70 hingga Akhir Tahun

Kemantapan Jalan di Cianjur Diperkirakan Capai 70% hingga Akhir Tahun
Pembangunan jalan di Kabupaten Cianjur(MI/BENNY BASTIANDY)

TINGKAT kemantapan infrastruktur jalan di Kabupaten Cianjur, hingga akhir tahun ini diperkirakan mencapai 70% lebih atau 910 kilometer
dari total panjang 1.300 kilometer. Namun perkiraan itu tergantung juga
progres pengerjaan sejumlah proyek besar yang sampai sekarang masih
berlangsung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengaku optimistis kemantapan jalan pada akhir tahun bisa mencapai 70% atau bahkan melebihi. Tahun ini tingkat kemantapan jalan ditargetkan sebesar 69%.

"Jadi, sampai akhir tahun ini ada beberapa pekerjaan masih berlangsung.
Terutama pekerjaan-pekerjaan yang cukup besar. Tapi ditargetkan selesai di akhir Desember ini. Kalau itu sudah tercapai, nanti insya Allah panjang jalan mantap di Cianjur akan terpenuhi 70% atau bahkan
melewatinya," katanya, Senin (4/12).

Dia menjelaskan, perkiraan melebihinya target kemantapan infrastruktur
jalan di Kabupaten Cianjur pada tahun ini tak terlepas bantuan program dari pemerintah pusat. Program tersebut akan berdampak bertambahnya panjang ruas jalan mantap.

"Kalau berdasarkan RPJMD, setiap tahun ini target kemantapan jalan sebesar 2%. Tahun lalu kemantapannya sudah 67%. Berarti tahun ini targetnya 69%. Tapi dengan adanya bantuan program dari pusat, tentu capaiannya akan lebih dari 69%. Makanya kami perkirakan bisa 70% atau lebih pada tahun ini," tuturnya.

Kabupaten Cianjur memiliki program peningkatan 1.000 kilometer jalan beton. Eri menegaskan, progres kemantapan jalan itu sudah termasuk dengan program 1.000 kilometer jalan beton.

"Pada program 1.000 kilometer jalan beton itu kita ditargetkan setiap tahun menyelesaikan 27 kilometer. Harus dibedakan juga antara jalan kabupaten jalan desa, dan jalan lingkungan. Dinas PUTR itu menggarap jalan kabupaten. Kemudian jalan desa itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Sementara jalan lingkungan ada di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman," jelas Eri.

Dia menyebut progres realisasi program 1.000 kilometer jalan beton hingga saat ini sudah mencapai sekitar 70%. Mestinya, sesuai target,
penyelesaiannya bisa dilaksanakan selama lima tahun.

"Insya Allah dalam waktu satu atau dua tahun lagi, program 1.000 kilometer jalan beton bisa tercapai," pungkasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat