visitaaponce.com

Jelang Akhir Tahun, Penyerapan Anggaran Kabupaten Cianjur Baru 75

Jelang Akhir Tahun, Penyerapan Anggaran Kabupaten Cianjur Baru 75%
Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur Cecep S Alamsyah(MI/BENNY BASTIANDY)

PENYERAPAN APBD Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, relatif masih cukup rendah. Hingga akhir November tahun ini, tingkat penyerapannya baru di kisaran 75%.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, Cecep S Alamsyah, menjelaskan perlu ada evaluasi terhadap penyerapan anggaran tersebut. Ia menegaskan harus dipastikan perangkat daerah mana saja yang penyerapan anggarannya masih cukup rendah.

"Penyerapan anggaran lebih kurang 75% sampai akhir November. Hari ini
kita evaluasi untuk memastikan dinas-dinas mana yang tidak bisa
menyerap," kata Cecep seusai menghadiri kegiatan sosialisasi Permendagri Nomor 15/2023 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024 di Cipanas, Rabu (6/12).

Evaluasi dilakukan untuk mendeteksi masalah atau kendala pada penyerapananggaran. Hasil evaluasi sementara berdasarkan klarifikasi dari setiap perangkat daerah, kendala penyerapan rata-rata karena terdapat pekerjaan yang masih berjalan.

"Jadi lebih ke teknis. Misalnya ada pekerjaan yang belum selesai. Seperti di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, memang jadwal pekerjaan sesuai kontrak kerja belum selesai," tuturnya.

Secara keseluruhan, sebut Cecep, tingkat penyerapan anggaran bisa diketahui secara pasti pada akhir Desember. Diperkirakan pada akhir tahun tingkat penyerapan anggaran bisa sekitar 90% lebih.

"Akhir tahun anggaran itu terhitung hingga 20 Desember. Jadi semua
pekerjaan sesuai jadwal itu selesai pada 20 Desember. Insya Allah nanti
terserap 90% lebih," tegasnya.

Dia menuturkan seharusnya hingga November penyerapan anggaran sudah
bisa mencapai kisaran 90%-95%. Namun Cecep memaklumi karena hingga saat ini masih terdapat pekerjaan yang belum bisa dituntaskan. (SG)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat