visitaaponce.com

Kasus Tuberkulosis di Jawa Barat Tertinggi di Indonesia

Kasus Tuberkulosis di Jawa Barat Tertinggi di Indonesia
Ilustrasi(Antara)

JUMLAH kasus dan penderita tuberkulosis di Jawa Barat sudah mencapai 233.334 kasus atau 22% dari total kasus nasional. Data ini menempatkan Jawa Barat sebagai provinsi tertinggi jumlah penderita TB di Indonesia.

Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jawa Barat, Dodo Suhendar menuturkan enam daerah dengan beban TB tinggi ialah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

"Penanganan kasus TB di Jawa Barat membutuhkan anggaran sekitar Rp6,5 triliun. Ini sama dengan biaya beasiswa untuk 48 ribu mahasiswa," ujarnya, Dalam Peluncuran dan Penandatanganan Bersama USAID Bebas TB,
Rabu (21/2).

Baca juga : Karena Tuberkulosis, 16 Orang Meninggal Setiap Jam!

Dengan tingginya data kasus TB, Jabar menjadi salah satu provinsi yang mendapatkan perhatian dari USAID. Jabar menjadi salah satu provinsi intervensi USAID Bebas TB.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Kementerian Kesehatan, Imran Pambudi mengatakan Jawa Barat berhasil menemukan kasus TB sampai lebih dari 100% dalam dua tahun terakhir.

"Jawa Barat berhasil menemukan 117% kasus TB. Penemuan semua kasus TB ini menjadi kunci pertama penanggulangan TB," tambahnya.

Langkah berikutnya ialah keberhasilan pemberian pengobatan dan langkah ketiga keberhasilan menuntaskan pengobatan selama enam bulan terus-menerus.

"Kami ingatkan untuk memberi perhatian terhadap meningkatnya kasus TB pada anak-anak, karena dapat menyebabkan stunting dan kerusakan pada otak," tambah Imran. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat