visitaaponce.com

Aktivitas Erupsi Gunung Lewotolok Meningkat, Status Naik Menjadi Level III

Aktivitas Erupsi Gunung Lewotolok Meningkat, Status Naik Menjadi Level III
Lava di kawah Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur(DOK/MI)

AKTIVITAS erupsi Gunung Lewotolok, di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, terus meningkat.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menetapkan untuk menaikkan status Gunung Lewotolok dari level II waspada menjadi level III Siaga, Selasa (27/2), sejak Pukul 10.00 WITA.

"Erupsi atau letusan eksplosit Gunung Lewotolok terus berlangsung dan menunjukkan peningkatan. Jangkauan lontaran lava masih di sekitar area kawah dan bisa menjangkau jarak 500 meter keluar dari kawah," ungkap Kepala PVMBG Hendra Gunawan.

Baca juga : 2 Kali Erupsi Gunung Ile Lewotolok dengan Abu Vulkanik Setinggi 1 meter

Potensi ancaman bahaya dari lontaran lava harus tetap diwaspadai. Sampai saat ini diperkirakan masih akan berada di dalam wilayah radius 2 kilometer dari kawah.

Dengan peningkatan status ini, PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok maupun pengunjung, pendaki dan wisatawan tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di wilayah radius 2 kilometer  dari pusat aktivitas.

"Masyarakat di sekitar Gunung Lewotolok, pengunjung, pendaki dan wisatawan, serta warga Desa Jontona dan Todonara dilarang memasuki dan melakukan aktivitas dalam wilayah sektoral selatan dan tenggara sejauh 4 kilometer dari kawah," jelas Hendra.

Dia juga meminta pemerintah daerah mengungsikan warga Desa Jontona ke daerah yang lebih aman. "Warga di sekitar aliran sungai yang berhulu di Sungai Lewotolok harus mewaspadai potnesi ancaman bahaya lahar saat hujan turun," tambahnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat