visitaaponce.com

Pemkab Garut Dukung Pengembangan Seni Ketangkasan Domba

Pemkab Garut Dukung Pengembangan Seni Ketangkasan Domba
Pagelaran seni ketangkasan domba Garut(DOK/DISKOMINFO GARUT)

PENJABAT Bupati Garut, Barnas Adjidin, mendukung pergelaran seni ketangkasan domba Garut di Kampung Jareged, Desa Neglasari, Kecamatan Kadungora.

Pelestarian domba Garut dan seni ketangkaan tersebut dilakukan untuk memperkuat komitmen melestarikan warisan budaya.

"Pemerintah Kabupaten Garut mendukung dan menyatakan komitmennya untuk pelestarian domba Garut dan seni jenis ketangkasannya. Saya, akan berjuang dan mencoba pada 2025 menganggarkan kegiatan pergelaran dan seni ketangkasan karena Garut merupakan kabupaten yang indah dan eksotis untuk menarik para wisatawan mancanegara maupun lokal," kata Barnas, Jumat (15/3).

Baca juga : Zaman Berkembang, Kuda Lumping Jangan Sampai Hilang

Dia mengatakan, pemerintah daerah mengapresiasi adanya kegiatan pergelaran seni ketangkasan domba Garut, sebagai upaya untuk melestarikan domba dan seni ketangkasan. Karena, kabupaten Garut terkenal dengan banyak warisan budaya, salah satunya itu domba Garut, baik dari sisi ketangkasan, kecakapan, kageulisan dan keindahan.

"Kami menekankan pentingnya sosialisasi kepada wisatawan tentang tempat adu domba yang representatif di Garut, memperkuat daya tarik wisata lokal. Namun, Pemkab Garut juga harus memberikan sosialisasi terus menerus, sehingga para tamu wisatawan yang masuk ke Kabupaten Garut bisa mendatangi tempat adu domba yang representatif," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Garut, Riki Muhamad Sidiq mengatakan, pihaknya kerap mengadakan event menampilkan ketangkasan domba Garut. Domba-domba itu dinilai kegagahan dan kecantikannya.

"Kami berharap Pemkab Garut mendukung anggaran kegiatan untuk meningkatkan minat pecinta domba serta potensi pariwisata  di Kabupaten Garut," tambahnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat