visitaaponce.com

Tanah Longsor dan Banjir Sergap Kabupaten Bogor

Tanah Longsor dan Banjir Sergap Kabupaten Bogor
Warga melihat lokasi longsor yang pernah terjadi di Desa Gunung Geulis, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (14/10/2022).(ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA )

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat memberikan dukungan pada BPBD Kabupaten Bogor dalam menanggulangi bencana banjir dan longsor yang terjadi, Minggu (24/3) malam.

Tanah longsor terjadi di dua lokasi, yakni Babakan Rawa Haur, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang dan Kampung Jambu Lebak, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja. Peristiwa itu menyebabkan 2 orang luka berat dan 3 orang luka ringan.

"Satu orang belum ditemukan. Tanah longsor menyebabkan 5 kepala keluarga atau 18 jiwa harus mengungsi," ujar Juru Bicara BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat, Senin (25/33).

Baca juga : Dua Korban Longsor Muarasari Bogor Meninggal Dunia

Tanah longsor terjadi akibat hujan deras yang berlangsung lama. Tebing setinggi 25 meter dan lebar 15 meter longsor dan menimpa rumah warga. Satu warga yang tertimbun masih dalam proses evakuasi.

Sementara banjir menerjang lima kecamatan di Kabupaten Bogor, yakni Kecamatan Gunung Putri, Sukaraja, Cibinong, Bojong Gede dan Kemang. Banjir menyebabkan 961 rumah terendam air dengan ketinggian 15-50 sentimeter. Empat fasilitas umum, 1 tempat ibadah, dan 1 sekolah, juga terdampak.

Kejadian itu juga menyebabkan 902 kepala keluarga atau 3.554 jiwa terdampak. Sebanyak 73 kepala keluarga atau 195 jiwa harus mengungsi.

Hadi mengatakan banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Cileungsi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat