visitaaponce.com

Purwakarta Lakukan Vaksinasi Ternak Cegah PMK

Purwakarta Lakukan Vaksinasi Ternak Cegah PMK
Petugas melakukan vaksinasi pada ternak sapi(MI/BAGUS SURYO)

UNTUK memberikan rasa aman pada masyarakat, ribuan hewan ternak di Kabupaten Purwakarta mendapatkan vaksin untuk mencegah penularan dan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Vaksinasi dilakukan terhadap hewan ternak sapi, kerbau, domba dan kambing.

Vaksinasi dilakukan untuk memastikan ketersediaan daging sehat dan layak konsumsi. "Kami memastikan ketersediaan daging sehat untuk konsumsi Ramadan dan lebaran. Langkah vaksinasi itu juga sekaligus untuk memutus dan mencegah penularan dan penyebaran lebih luas penyakit PMK yang terjadi di daerah lain seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur dan daerah lain di Jawa Barat," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah, Selasa (26/3).

Dia menambahkan untuk pelaksanaan vaksinasi telah diterjunkan
Tim Kesehatan Hewan Diskannak Purwakarta ke semua lokasi peternakan milik masyarakat dan semua pasar hewan di seluruh Purwakarta.

Baca juga : Cegah Flu Burung, Ternak di Cimahi Divaksinasi

"Kita ingin memastikan semua hewan dalam kondisi sehat dan dagingnya layak konsumsi," ungkapnya.

Ida menjelaskan, Tim Kesehatan Hewan Diskannak Purwakarta juga melakukan monitoring dan pemeriksaan ketat lalu lintas perdagangan hewan termasuk yang masuk ke Purwakarta.

Pemeriksaan ketat dilakukan terhadap empat pasar hewan di seluruh
Purwakarta yang meliputi Pasar Hewan Ciwareng Kecamatan Babakancikao, Pasar Hewan Citeko Kecamatan Plered, Pasar Hewan Bojong Kecamatan Bojong dan Pasar Hewan Wanayasa.

"Tim Kesehatan Hewan telah saya terjunkan untuk memeriksa ketat semua hewan yang masuk ke empat pasar tersebut. Jangan sampai hewan yang terjangkit PMK meluas hingga ke wilayah Purwakarta," kata Ida.

Menurut dia, monitoring dan pemeriksaan semua pasar hewan ternak di
Purwakarta dilakukan secara ketat karena para-pasar itu menjadi pusat
perdagangan ternak dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat