visitaaponce.com

Jawa Barat Kerahkan 27.162 Personel Amankan Jalur Mudik

Jawa Barat Kerahkan 27.162 Personel Amankan Jalur Mudik
Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memimpin rapat koordinasi pengamanan arus mudik Lebaran 2024(DOK/DISINFOKOM JAWA BARAT)

SEBANYAK 27.162 personel diturunkan di wilayah Jawa Barat untuk mengamankan pelaksanaan mudik. Mereka terdiri dari anggota Polri, TNI dan instansi lain.  

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memimpin rapat koordinasi pengamanan arus mudik di kantor Polda Jawa Barat, Rabu (27/3).

Dia optimistis pelaksanaan mudik di wilayah Jabar berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. Pasalnya, sejumlah pemangku kepentingan sudah menyatakan siap memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Baca juga : Polda Jabar Prediksi Dua Kali Puncak Arus Mudik dan Balik Nataru

Bey menyebutkan, pergerakan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri di kampung halaman akan diantisipasi guna memastikan setiap warga dapat melaksanakan ibadah dengan aman, nyaman, dan tenteram.  Koordinasi lintas sektoral menjadi kunci penting dalam pelaksanaan arus mudik tahun 2024.

Diperkirakan bakal terjadi kepadatan kendaraan di jalan tol dan kawasan utara serta selatan Jabar. Prediksi arus mudik akan terjadi pada 6 April dan arus balik pada 15 April.

"Kepadatannya di jalan tol dan kawasan utara, yaitu mulai dari Karawang-Cikampek sampai Brebes. Sementara titik kepadatan di kawasan selatan mulai dari Malangbong-Nagreg-Tasikmalaya," sebutnya.

Baca juga : Arus Mudik dan Balik Lebaran di Jawa Barat Dinilai Lancar dan Nyaman

Kepadatan kendaraan tersebut memang dipastikan terjadi di kawasan utara dan selatan Jabar karena berdasarkan survei data nasional pada tahun ini sekitar 193 juta orang yang melaksanakan perjalanan mudik.  Paling banyak akan terjadi di wilayah Jawa Barat.

Selain mengerahkan personel, Pemprov Jawa Barat juga tengah memperbaiki 320 lubang di jalan provinsi. Kegiatan itu akan rampung 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kondisi untuk infrastruktur jalan tol baik. Terkait ruas jalan di Jabar yang dilewati pemudik ada 320 lubang dan itu akan selesai 10 hari menjelang Lebaran," ungkapnya.

Sementara di jalan tol aman. Upaya contraflow sudah dilakukan simulasi. (SG/Sugeng Sumariyadi)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat