visitaaponce.com

2 Gunung Api, Semeru dan Dukono, Erupsi Hari ini

2 Gunung Api, Semeru dan Dukono, Erupsi Hari ini
Panorama gunung berapi di wilayah Jawa Timur(ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya)

DUA gunung berapi menunjukkan peningkatan aktivitasnya, Kamis (28/3), yakni Gunung Semeru di Jawa Timur dan Gunung Dukono, di Maluku Utara. Telah terjadi erupsi di kedua gunung itu.

Gunung Semeru Erupsi pada pukul 15.18 WIB. Erupsi berupa awan panas. Namun jaraknya tidak diketahui karena visual gunung tertutup kabut.

Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid menyatakan status Gunung Semeru berada pada level III atau Siaga. Atas aktivitas gunung itu, pihaknya merekomendasikan tidak boleh ada aktivitas di sektor tenggara sejauh 13 kilometer dari puncak.

Baca juga : Aktivitas Vulkanik Tiga Gunung Api di Indonesia Meningkat Bersamaan

"Waspadai potensi awan panas, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Peningkatan kewaspadaan harus dilakukan di Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat," tandasnya.

Sementara di Gunung Dukono, erupsi tejadi pada pukul 14.44 WIT. Tinggi kolom abu mencapai 1.200 meter di atas puncak gunung.

Saat ini Gunung Dukono berada pada Status Level II atau Waspada. "Kami merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Kawah Malupang Warirang di dalam radius 3 kilometer," ungkap Wafid.

Di sisi lain, aktivitas gunung api juga masih terjadi di Gunung Marapi di Sumatra Barat. Erupsi terakhir terjadi pada Rabu (27/3).

Status Gunung Marapi berada di level III atau Siaga. "Masyarakat diimbau tidak beraktivitas di radius 4,5 kilometer dari kawah. Masyarakat di sekitar lembah, aliran dan bantaran sungai yang berhulu di Marapi harus mewaspadai bahaya lahar di musim hujan," tandas Wafid.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat