visitaaponce.com

Aktivitas Vulkanis Gunung Ruang masih Tinggi

Aktivitas Vulkanis Gunung Ruang masih Tinggi
Aktivitas vulkanis Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, masih tinggi.(DOK/PVMBG)

AKTIVITAS kegempaan di Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (2/5) masih tinggi. Status Gunung Ruang ditingkatkan dari level III siaga menjadi level IV awas, pada Selasa (30/4).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat masih terjadi 4 kali gempa vulkanis dangkal, 2 kali gempa tektonik lokal dan 2 kali gempa tektonik jauh.

"Asap kawah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal. Tinggi asap pada kisaran 300–500 meter dari puncak kawah," ungkap Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid.

Baca juga : 5 Bandara ini Masih Tutup Akibat Erupsi Gunung Ruang

Dia menambahkan, potensi bahaya saat ini berupa erupsi yang menghasilkan awan panas, lontaran material pijar dan paparan abu vulkanis dan lahar bila hujan turun. Lokasi bahaya bergantung pada arah dan kecepatan angin.

Pihaknya merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Ruang agar tetap
waspada dan tidak memasuki wilayah dalam radius 7 kilometer dari pusat kawah aktif. Masyarakat yang bermukim di Pulau Tagulandang yang berada
dalam radius 7 km agar segera dievakuasi ke tempat aman.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar dan luruhan awan panas," tandas Wafid.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat